Nurhawani, Reviza (2025) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS III SDN CAKUNG TIMUR 02PAGI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
![]() |
Text
PENDAHULUAN (2).pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
BAB II .pdf Restricted to Repository staff only Download (357kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB III -1.pdf Restricted to Repository staff only Download (594kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (726kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
DAFPUS .pdf Download (415kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep Matematika siswa kelas III Siswa SDN Cakung Timur 02 Pagi . Adapun permasalahannya yaitu siswa belum dapat menjelaskan secara tepat pengertian dari perkalian , siswa mengalami kesulitan dalam menyebutkan contoh konsep perkalian yang benar , siswa belum mampu menyajikan bentuk matematika kebentuk lainnya selain itu siswa sulit untuk menentukan langkah yang tepat untuk menyelesaikan perkalian dan siswa tidak dapat menggunakan konsep ke dalam pemecahan masalah . Dalam mengatasi permasalahan tersebut maka diterapkannya model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SDN Cakung Timur 02 Pagi. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan subjek berjumlah 25 siswa dan pada setiap siklusnya terdiri 3 pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes tertulis . Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dengan nilai KKM yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa disetiap siklusnya yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 57% dengan nilai rata-rata 67 dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat mencapai 87% dengan nilai rata-rata 83 . Berdasarkan data tersebut model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas III sebesar 30%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas III SDN Cakung Timur 02 Pagi. This research is motivated by the low understanding of the concept of Mathematics of grade III students of SDN Cakung Timur 02 Pagi. The problem is that students have not been able to explain the meaning of multiplication correctly, students have difficulty in mentioning examples of correct multiplication concepts, students have not been able to present mathematical forms into other forms. students find it difficult to determine the right steps to solve multiplication. students cannot use concepts in problem solving. In overcoming these problems, the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model is applied. which aims to improve the understanding of mathematical concepts of grade III students of SDN Cakung Timur 02 Pagi. The research method used is Classroom Action Research (PTK) consisting of 2 cycles, with 25 students as subjects and each cycle consisting of 3 meetings. Data collection in this study used written test data collection techniques. The success criteria in this study are 80% with a KKM value of 75. The results of this study indicate that the increase in students' conceptual understanding in each cycle, namely in cycle I classical completeness was 57% with an average value of 67 and in cycle II classical completeness increased to 87% with an average value of 83. Based on these data, the learning model can increase the understanding of mathematical concepts in grade III by 30%. Thus, it can be concluded that the Contextual Teaching and Learning (CTL) learning model can increase the understanding of mathematical concepts in grade III of SDN Cakung Timur 02 Pagi. Keywords: Concept Understanding, Contextual Teaching and Learning (CTL) Model, Mathematics
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Pemahaman Konsep, Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Matematika | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS REVIZA NURHAWANI | |||||||||
Date Deposited: | 03 Jul 2025 06:38 | |||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2025 06:38 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |