Zahroh, Vera Datus (2025) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION SISWA KELAS V SDN MUSTIKASARI I KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN (1).pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (341kB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (570kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (275kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilakukan oleh guru selama ini kurang bervariasi dan pembelajaran berpusat pada guru. Pembelajaran seperti ini berdampak pada kemampuan pemecahan masalah matematika yang kurang maksimal. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran problem based learning dan realistic mathematics education siswa kelas V SDN Mustikasari I Kota Bekasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain Quasi Experimental bentuk Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II berjumlah 60 siswa. Kelas eksperimen I diperlakukan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan kelas eksperimen II menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan tes tertulis. Teknik analisis pada penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis, dan Analisis N-Gain dengan bantuan aplikasi pengolah data yaitu IBM Statistic SPSS version 30. Hasil penelitian yang pertama, kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SDN Mustikasari I Kota Bekasi dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning pada kelas eksperimen I rata-ratanya adalah 85,70. Ratarata sebelum perlakuan 69,33. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata sebesar 16, 37. Kedua, kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDN Mustikasari I Kota Bekasi dengan menggunakan model pembelajaran realistic mathematics education pada kelas eksperimen II rata- ratanya adalah 81,90. Ratarata sebelum perlakuan adalah 67,47. Sehingga terjadi peningkatan rata-rata sebesar 14,43. Ketiga, terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran Problem Based Learning dan Realistic Mathematics Education kelas V SDN Mustikasari I Kota Belasi dengan nilai sig. (2-tailed) kedua kelas yaitu sebesar 0,030 lebih kecil dari 0,05.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Problem Based Learning, Realistic Mathematics Education | |||||||||
Subjects: | Eksperimen Pendidikan |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS VERA DATUS ZAHROH | |||||||||
Date Deposited: | 04 Jun 2025 08:43 | |||||||||
Last Modified: | 04 Jun 2025 08:43 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |