Nurbaeti, Nurbaeti (2024) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Cahaya Bangsa Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang. Magister (S2) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
01 PENDAHULUAN.pdf Download (977kB) |
|
Text
02 BAB I.pdf Download (464kB) |
|
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (615kB) | Request a copy |
|
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (970kB) | Request a copy |
|
Text
06 BAB V.pdf Download (205kB) |
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (449kB) |
Abstract
Pendidikan yang diberikan kepada anak berkebutuhan khusus berbeda dengan anak yang normal. Perbedaan ini bukan pada materi melainkan pada segi luasnya dan pengembangan materi Pendidikan Agama Islam yang di sesuaikan dengan kemampuan anak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana perencanaan, kendala yang dihadapi dan bagaimana hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus di Sekolah Luar Biasa Cahaya Bangsa Kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Luar Biasa Cahaya Bangsa meliputi: Perencanaan, Pelaksanaan, Materi, Metode serta media pembelajaran. Pada tahap perencanaan ini melibatkan beberapa langkah utama, mulai dari penerapan dan pengembangan program tahunan, tujuan pembelajaran yang tercakup dalam program semester. Adapun faktor kendala dalam pembelajaran PAI di SLB Cahaya Bangsa diantaranya yaitu: a). Faktor Kemampuan Akademik Siswa; b). Faktor Kemampuan Emosi/Sosial Siswa; c) Faktor Sarana dan Prasarana; d) Faktor dari Sisi Pendidik. Hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan khusus di SLB Cahaya Bangsa memberikan dampak positif yang signifikan bagi anak-anak berkebutuhan khusus. Evaluasi pembelajaran tidak hanya berfokus pada nilai rapor, tetapi juga meliputi kemajuan dalam keseharian siswa, seperti kemampuan mereka dalam berdoa, memberi salam, dan menunjukkan sikap spiritual serta sosial.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Magister (S2)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Anak Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Luar Biasa. | |||||||||
Subjects: | Deskriptif Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
|||||||||
Faculty: | Sekolah Pascasarjana > Magister Pendidikan Agama Islam S2 | |||||||||
Depositing User: | Ms. Nurbaeti Nurbaeti | |||||||||
Date Deposited: | 23 Oct 2009 20:04 | |||||||||
Last Modified: | 23 Oct 2009 20:04 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6286 |
Actions (login required)
View Item |