Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi PAI Pokok Bahasan Fiqih Shalat (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPIT At-Taqwa Narogong)

Deaneu, Rizky (2024) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Kooperatif Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi PAI Pokok Bahasan Fiqih Shalat (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPIT At-Taqwa Narogong). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan-1.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I-1.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-1.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Rizky Deaneu. NIM 41182911170058. PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PAI POKOK BAHASAN FIQIH SHALAT (Quasi Eksperimen Pada Siswa Kelas VII SMPIT AT-Taqwa Narogong). Universitas Islam 45 Bekasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dari Pendekatan Kooperatif Terhadap Pemahaman Siswa Pada Materi PAI Pokok Bahasan Fiqih Shalat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh pendekatan pembelajaran kooperatif terhadap pemahaman siswa pada materi PAI pokok bahasan Fiqih Shalat kelas VII. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi fiqih shalat. Hal ini dapat dilihatnya dari meningkatnya pemahaman tentang kemampuan menyebutkan macam-macam shalat, syarat sah nya shalat, rukun shalat, dan hal-hal yang membatalkan shalat. Sebagaimana dari hasil perhitungan Post Test kelas eksperimen menggunakan pendekatan kooperatif tipe Student Team Achievement Division (Rata-rata 81.00), menunjukan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil Pretest (rata-rata 55.25). Sedangkan hasil uji t diperoleh thitung 3,676 > ttabel 1,734 dengan masing-masing sampel 20 siswa.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDMulyadi, Acep0405066803
Keywords / Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Pemahaman Siswa, Fiqih Shalat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Ms. Rizky Deaneu
Date Deposited: 22 Oct 2009 01:55
Last Modified: 22 Oct 2009 01:55
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6109

Actions (login required)

View Item View Item