UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SDI AL MUGHNI

Sholeha, Amelia Fajriyatus (2024) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) PADA SISWA KELAS IV SDI AL MUGHNI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN (3).pdf

Download (584kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (423kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (154kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah pemahaman konsep matematika yang masih rendah pada siswa kelas IV SDI Al Mughni. Adapun permasalahannya yaitu siswa belum mampu : 1) Menjelaskan kembali apa yang sudah dipelajari, 2) Memberikan contoh dan non contoh dari konsep perkalian, 3) Menyelesaikan soal dengan rumus mendatar atau bersusun ke bawah, dan 4) Mengerjakan soal latihan perkalian dengan benar. Tujuan penelitian untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika melalui model Student Teams Achievement Division (STAD). Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, setiap siklusnya meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data ini menggunakan teknik tes tertulis dan observasi. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dari jumlah siswa mencapai nilai KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Hasil penelitian pada siklus I diperoleh ketuntasan klasikal sebesar 45% dengan nilai rata-rata 73.25 dan presentase pada siklus II sebesar 85% dengan nilai rata-rata 84.75. Berdasarkan data tersebut model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa sebesar 40%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas IV SDI Al Mughni. Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDAnisa, Ririn Nurcholidah0426109202
Keywords / Kata Kunci: Kata kunci : Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Sekolah Dasar.
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms AMELIA FAJRIYATUS SHOLEHA
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:10
Last Modified: 31 Jul 2024 08:10
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5662

Actions (login required)

View Item View Item