STRATEGI PROMOSI WISATA PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BEKASI

Muja, Mujahidin (2024) STRATEGI PROMOSI WISATA PADA DINAS PARIWISATA DAN KEBUDAYAAN KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (686kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Strategi Promosi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bekasi, metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah secara keseluruhan, menggunakan teori Strategi yang dikemukakan oleh Henry Mintzberg (1991; dikutip oleh Solihin, 2012: 25- 28), yang terdiri atas 5 (lima) Secara keseluruhan hasil Indikator menunjukkan: a) Strategi Sebagai Rencana; sub indikator (1) Rencana Promosi wisata dilakukan sampai saat ini, sudah berjalan; (2) Standar Operasional Prosedore (SOP) Dalam Promosi Pariwisat belom ada; b) Strategi sebagai taktik; sub indikator (1) Perencanaan promosi wisata di Kota Bekasi melaui rencana pembangunan jangka Panjang, menenggah, dan pendek dan sudah direncanakan setiap tahunnya sudah ada; (2) Aspek media Dinas Pariwisata dan Kebudayaan banyak mengunakn media promosi yang sudah ada; c) Strategi sebagai pola: sub indikator (1) Koordinasi dalam promosi wisata baik Istansi Pemerintah, Swasta dan Masyarakat ada, seperti even-even itu melibatkan semua unsur baik dari organisasi Pokdarwis maupun Instani lain seperti kecamatan polsek setempat maupun masyarakat yang ada di sekitar; (2) Monitoring dan evaluasi dari pengawasan ini masih terus dilakukan, walaupun kegiatan ini tidak di lakukan secara rutin; d) Strategi sebagai posisi; sub indikator (1) Ada rapat walapun tidak rutin untuk menggali permasalahan – permasalahan yang ada; (2) monitoring serta evaluasi kegiatan promosi wisata dalam promosi wisata ada evaluasi dan monitoring setiap ada kegiatan atau even- even sebelum dilakukan kegiatan-kegitan tersebut; e) Strategi sebagai perspektif: sub indikator (1) Kalender wisata tahunan seperti even-even itu melibatkan semua unsur baik dari organisasi Pokdarwis maupun Instani lain seperti kecamatan polsek setempat maupun masyarakat yang ada di sekitar (2) Pelatihan dan pembinaan promosi wisata bagi pelaku atau wisatawan, dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sudah ada Hambatan dalam penelitian antara lain sebagai berikut: 1). Sumberdaya manusia pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam pengelolaan dan pembinaan pariwisata yang belum memadai, 2). Masih terbatas dan rendahnya media informasi dan promosi pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan khususnya pada Bidang Pemasaran belum maksimal, dan 3). Masalah anggaran promosi pariwata yang terbatas. Selanjutnya strategi dalam mengatasi hambatan – hambatan dalam promosi wisata, yaitu sebagai berikut: 1). Adanya Bimbingan Teknis (Bintek) berkaitan dengan pemahaman pengelolaan dan pembinaan pariwisata, 2). Pelatihan atau bimbingan teknologi berkaitan dengan teknologi komputer dan jejaring internet serta website yang digunakan dalam promosi wisata, 3). Pemilihan media promosi merupakan suatu strategi dalam mencapai apa yang menjadi tujuan dilakukannya. Kata Kunci: Strategi, Promosi, Media

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSopandi, Andi0421027201
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Strategi, Promosi, Media
Subjects: Manajemen Pemasaran
Pemerintahan Daerah
Pariwisata
Ilmu Pemerintakahan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: mr Mujahidin
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:53
Last Modified: 26 Jan 2024 03:53
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4754

Actions (login required)

View Item View Item