Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Big Book Di SDN Bojong Rawa Lumbu X Bekasi Timur

Hasanah, Maulida (2023) Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Media Big Book Di SDN Bojong Rawa Lumbu X Bekasi Timur. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan Maulida.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Maulida.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB II Maulida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Maulida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Maulida.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Maulida.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Daftar Pustaka Maulida.pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di kelas III SDN Bojong Rawa Lumbu X BekasiTimur. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal tersebut disebabkan karena siswa masih belum mampu mengenal dan mengetahui konsep materi IPA, siswa masih kesulitan memahami materi yang telah dipelajari, siswa belum mampu menerapkan soal dengan melibatkan masalah sehari-hari, siswa belum mampu menganalisis permasalahan yang ada di soal, siswa belum mampu mengevaluasi materi yang telah dipelajari, dan siswa belum mampu menemukan cara menyelesaikan persoalan materi yang dipelajari. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SDN Bojong Rawa Lumbu X Bekasi Timur dengan jumlah 33 orang siswa yang diantaranya terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian tindak kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus kegiatan PTK terdiri dari empat tahapan kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/ penilaian, dan refleksi. Adapun untuk pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa testertulis danobservasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu 80% dan nilai skor keberhasilan 75. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasilbelajar di setiap siklusnya. Pada siklus I hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 75 dan siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 21. Kemudian pada siklus II hasil belajar siswa meningkat dengan nilai rata-rata 85 dan siswa yang mencapai nilai tuntas sebanyak 27. Dengan demikian penelitian diberhentikan karena sudah mencapai target nilai ketuntasan klasikal yaitu 80% pada aspek hasilbelajar siswa mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Big Book, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSundari, Kori04-041072-03
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima04-041082-02
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Big Book, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Pendidikan Umum dan Karakter
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms maulida hasanah
Date Deposited: 18 Aug 2023 07:24
Last Modified: 18 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3622

Actions (login required)

View Item View Item