Amalia, Neng Putri (2023) Analisis hasil belajar dengan menggunakan model scramble pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (106kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (362kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (36kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi oleh hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa sekolah dasar yang masih rendah, hal ini ditandai dengan banyaknya siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan. Permasalahan tersebut disebabakan oleh pembelajaran yang cenderung berpusat pada guru, siswa kurang antusias dalam kegiatan pembelajaran, hasil belajar IPA siswa masih rendah dan belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Scramble terhadap hasil belajar pada mata pelajaran IPA siswa sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) yang menganalisis hasil-hasil penelitian yang telah di publikasi yang berkaitan dengan penggunaan model Scramble terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Sampel analisis adalah 13 artikel jurnal yang telah diterbitkan pada rentang tujuh tahun terakhir yaitu 2014-2022. Dari ke -13 jurnal tersebut kemudian di analisis dari berbagai aspek yakni: 1.) Berdasarkan Tahun peneliti, 2.) Berdasarkan wilayah jurnal, 3.) Berdasarkan metode penelitian, 4.) Berdasarkan penerapan di sekolah dasar, 5.) Berdasarkan materi, 6.) Berdasarkan analisis indikator hasil belajar dan teknik pengumpulan data, 7.) Berdasarkan berbatuan media dan tidak berbatuan media. Berdasarkan analisis model pembelajaran Scramble terbukti dapat meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar. Penelitian memberikan rekomendasi dalam penerapan model Scramble di kelas rendah dan tinggi sekolah dasar guru mempunyai perencanaan yang matang untuk menentukan alokasi, menggunakan langkah-langkah pada umumnya dan ditambahkan Ice Breaking sebelum menjelaskan materi dan penentuan kelompok yang bervariasi, memberikan apresiasi kepada siswa saat kegiatan belajar mengajar sehingga pembelajaran dapat efektif dan berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Subjects: | Jurnalistik | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Mr. Neng Putri Amalia | |||||||||
Date Deposited: | 09 Jun 2023 03:31 | |||||||||
Last Modified: | 09 Jun 2023 03:31 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2813 |
Actions (login required)
View Item |