Ramadhan, Wahyu (2023) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD BANI SALEH 1. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
Pendahuluan[1].pdf Download (623kB) |
|
Text
Bab_I[1].pdf Download (165kB) |
|
Text
Bab_II[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text
Bab_III[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) | Request a copy |
|
Text
Bab_IV[1].pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) | Request a copy |
|
Text
Bab_V[1].pdf Download (38kB) |
|
Text
Daftar_Pustaka[1].pdf Download (31kB) |
|
Text
Lampiran[1].pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Wahyu Ramadhan NPM : 41182109180123 Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Bani Saleh 1 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa terhadap mata pelajaran matematika. Hal tersebut ditandai dengan kemampuan pemecahan masalah yang masih belum mencapai dengan rata-rata yang sudah ditentukan guru, ini terlihat dari hasil latihan soal esai yang berikan kepada siswa kelas 4 di SD Bani Saleh 1, masih banyak siswa yang masih belum paham materi dengan soal esai tersebut. dikarenakan berbagai macam faktor mulai dari siswa yang tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal yang diajukan, siswa masih bingung dalam menentukan rumus yang akan digunakan, siswa tidak dapat menyelesaikan soal dengan benar, siswa tidak dapat menyimpulkan kembali terhadap langkah penyelesaian yang sudah dibuat. Maka dari itu, untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) pada siswa kelas IV di SD Bani Saleh 1. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 3 (tiga) siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Jumlah perserta didik dikelas IV yaitu 20 peserta didik. Jumlah peserta didik laki-laki 9 dan jumlah peserta didik perempuan yaitu 11. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan klasikal kelas IV dari siklus 1 hingga siklus 3. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 65% dengan nilai rata-rata 74. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 85% dengan nilai rata-rata 88. Pada siklus III ketuntasan klasikal meningkat menjadi 100% dengan nilai rata-rata 90. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBL (Problem Based Learning) dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Bani Saleh 1. Dengan menggunakan model PBL membuat siswa lebih menyenangkan dan lebih aktif karena siswa terlibat langsung dengan proses pembelajaran menjadi optimal, lebih bermakna saat pembelajaran dilaksanakan Kata kunci: Model PBL (Problem Based Learning), Kemampuan Pemecahan masalah, Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model PBL(Problem Based Learning), Kemampuan Pemecahan Masalah, Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Mr. Wahyu Ramadhan | |||||||||
Date Deposited: | 08 Jun 2023 07:59 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jun 2023 07:59 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2797 |
Actions (login required)
View Item |