Royani, Ide (2022) METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
daftar isi skripsi ide.pdf Download (251kB) |
|
Text
BAB I skripsi ide.pdf Download (107kB) |
|
Text
BAB II2.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV (1).pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA skrpsi.pdf Download (77kB) |
Abstract
Penelitian ini di dasari oleh untuk mengkaji penerapan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA sekolah dasar. Bertujuan untuk dapat mengetahui dan dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar pembelajaran IPA di sekolah dasar dengan menggunakan metode demonstrasi. Aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar masih sangat rendah yaitu aktivitas mental, fisik dan emosional. Diketahui bahwa aktivitas siswa ini siswa masih banyak yang kurang aktif dalam bertanya kepada guru karena mereka malu untuk bertanya, siswa hanya duduk diam saja dibangku, siswa hanya mendengarkan penjelasan guru, dan siswa hanya diperintahkan untuk mengerjakan soal-soal latihan saja tidak ada interaksi antara siswa dengan siswa lainnya dan siswa tidak percaya diri dalam berbicara didepan kelas. Penelitian yang digunakan adalah Metode Peninjauan Sistematis Literature Review. Systematic literature review (SLR) atau tinjauan pustaka sistematis adalah metode literature review yang mengidentifikasi, menilai, dan menginterprestasi seluruh temuan-temuan pada suatu topik penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah Sistematis Literature Review dari 8 jurnal pada tahun 2012-2022 siswa sekolah dasar. Penggunaan metode demonstrasi untuk meningkatkan aktivitabelajar siswa dapat disimpulkan dari beberapa jurnal yang telah dianalisis atau di review dalam pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa yaitu metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan cocok digunakan dalam pembelajaran IPA dan membawa dampak yang positif bagi semua siswa nilai yang dimiliki siswa semua rata-rata bagus. Melalui metode ini dapat perubahan tingkah laku bagi semua siswa dan pembelajaran dapat dipahami dan dimengerti. Rekomendasi dari saya yaitu membuat kelompok dengan tidak ditunjuk atau memilih sendiri teman kelompoknya tetapi saya buatkan sendiri dengan menggunakan kertas yang ditulis dan dilipat yang sesuai dengan materi yang dipelajari yaitu misalkan materinya binatang-binatang lalu siswa mengambil kertas tersebut dan apa yang didapatkan itu berarti kelompok belajar mereka.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Metode Demonstasi, Aktivitas Belajar, IPA, Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Organisasi | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Ms. Ide Royani | |||||||||
Date Deposited: | 06 Dec 2022 04:19 | |||||||||
Last Modified: | 06 Dec 2022 04:19 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1621 |
Actions (login required)
View Item |