KAHFI, KHAFID AL (2023) PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM "45" BEKASI.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (165kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (128kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (250kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (71kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) |
|
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Download (554kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Khafid Al Kahfi NPM : 41182109180038 Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Judul : PENERAPAN STRATEGI DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya membaca pemahaman siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut dikarenakan kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap isi bacaan yang menyebabkan pemahaman membaca siswa menurun. Kondisi seperti ini perlu mendapatkan perhatian. Maka dari itu strategi Directed Reading Activity bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Strategi Directed Reading Activity melibatkan interaksi yang kuat antara guru dan siswa, sehingga dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap proses belajar membuat pemahaman siswa terhadap materi dapat berkembang. Tentu hal tersebut dapat membangkitkan kemampuan membaca pemahaman siswa menjadi lebih optimal. Penelitian ini juga bertujuan untuk meninjau bagaimana gambaran penerapan strategi Directed Reading Activity dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR) yang merujuk pada 10 artikel jurnal terdiri dari 1 jurnal dengan penelitian eksperimen dan 9 jurnal dengan penelitian tindakan kelas yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu : terindeks database google schoolar, dipublikasikan dalam jangka waktu 10 tahun terakhir (2012-2022), dan pembahasan pada artikel jurnal mengenai penerapan strategi Directed Reading Activity terhadap keterampilan membaca pemahaman yang bersubjek pada siswa sekolah dasar. Dari setiap artikel jurnal yang telah dianalisis, ditemukan beragam aspek yang sudah ditelaah oleh peneliti. Aspek tersebut mencakup wilayah penelitian, tahun terbit penelitian, metode penelitian yang digunakan, langkah-langkah penerapan, penerapan strategi berbantuan media dan tidak berbantuan media. Berdasarkan 10 jurnal penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa strategi Directed Reading Activity dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa sekolah dasar. Kata kunci : Strategi Directed Reading Activity, Keterampilan Membaca Pemahaman, Siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Keywords : Directed Reading Activity Strategy, Reading Comprehension Skills, Elementary School Students. | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Mr. Khafid Al Kahfi | |||||||||
Date Deposited: | 08 Jun 2023 07:54 | |||||||||
Last Modified: | 08 Jun 2023 07:54 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2798 |
Actions (login required)
View Item |