Fadhliyah, Ainy (2025) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU PAI PADA SMPIT YPI 45 KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
![]() |
Text
01 PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02 BAB I.pdf Download (380kB) |
![]() |
Text
03 BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (497kB) | Request a copy |
![]() |
Text
04 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) | Request a copy |
![]() |
Text
05 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (659kB) | Request a copy |
![]() |
Text
06 BAB V.pdf Download (228kB) |
![]() |
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) |
Abstract
Kinerja guru yang berkualitas di sebuah lembaga pendidikan sangat berpengaruh pada kualitas proses pembelajaran di sekolah, maka dari itu mutu kinerja guru dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam keberhasilan lembaga sekolah dalam mencapai tujuan sekolah yang telah ditentukan. Peran kepala sekolah menjadi salah satu faktor strategis dan terpenting dalam meningkatkan kinerja guru. Hal ini dikarenakan, di dipimpinnya akan terjadi perubahan-perubahan menuju standar mutu yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada SMPIT YPI 45 Kota Bekasi. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di SMPIT YPI 45 Bekasi dengan menggunakan teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan penelitian yang dilakukan di SMPIT YPI 45 Bekasi menunjukan bahwa, peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di SMPIT YPI 45 Kota Bekasi yaitu : (a) Sebagai Educator, (b) Sebagai Manajer, (c) Sebagai Administrator, (d) Sebagai Supervisor, (e) Sebagai Leader. Peneliti melihat peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Fadlurrahman memang sangat penting, hal ini terkait dengan fungsi kepemimpinan kepala sekolah sebagai pemegang kekuasaan dan pengambil keputusan, dalam beberapa keputusan yang diptuskan oleh kepala sekolah yang dilakukan secara demokratis karena dengan mempertimbangkan masukan dari anggota sekolah, maka keinginin anggota sekolah pun akan terakomodir dengan baik. Adapun faktor hambatan dan pendukung peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru PAI di SMPIT YPI 45 Bekasi, dapat disimpulkan : a.) Faktor Hambatan: Perbedaan kompetensi dan motivasi. Beban kerja guru yang tinggi membatasi waktu dan energi mereka untuk pengembangan diri. Keterbatasan sumber daya sekolah. Pengaruh lingkungan eksternal, seperti perubahan kebijakan pendidikan, juga dapat menimbulkan ketidakpastian dan menghambat fokus guru. b.) Faktor Pendukung: Kepemimpinan yang visioner dan transformasional. Komunikasi yang efektif dan terbuka. Dukungan terhadap pengembangan profesional guru. Pemberian motivasi dan apresiasi.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kepemimpinan, Kepala Sekolah, Kinerja Guru PAI. | ||||||
Subjects: | Deskriptif Pendidikan Pendidikan Agama Islam |
||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Ms. AINY FADHLIYAH | ||||||
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:45 | ||||||
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:45 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8319 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |