PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENGUASAAN VOCABULARY MENGGUNAKAN MODEL TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SDIT IBNU ABBAS CIKARANG

Azzahra, Dinda (2025) PERBANDINGAN KEMAMPUAN PENGUASAAN VOCABULARY MENGGUNAKAN MODEL TOTAL PHYSICAL RESPONSE (TPR) DAN VISUAL AUDITORY KINESTHETIC (VAK) PADA SISWA KELAS V SDIT IBNU ABBAS CIKARANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Pendahuluan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (127kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kecenderungan guru yang masih menggunakan pendekatan teacher centered dan jarang menerapkan pembelajaran yang bervariasi sehingga mempengaruhi kegiatan pembelajaran siswa menjadi pasif. Hal ini berdasarkan hasil observasi dan wawancara bahwa model Total Physical Response (TPR) dan Visual Auditory Kinesthetic (VAK) belum pernah di gunakan kelas V SDIT Ibnu Abbas Cikarang untuk kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model TPR dan model VAK pada kelas V SDIT Ibnu Abbas Cikarang. Metode yang digunakan penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen I dan eksperimen II yang mana kelas eksperimen I diperlakukan dengan model TPR dan kelas eksperimen II menggunakan model VAK. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis dan Uji N-Gain, dengan menggunakan bantuan aplikasi pengolah data yaitu IBM Statistic SPSS version 25. Hasil penelitian ini adalah : Pretest kelas eksperimen I rata-ratanya adalah sebesar 73,86 dan post-test sebesar 81,82. Sehingga terjadi peningkatan hasil rata-rata setelah diberikan perlakuan sebesar 7,96. Pre-test kelas eksperimen II menunjukkan hasil rata-ratanya adalah 75,11 dan post-test sebesar 87,54. Sehingga terjadi peningkatan hasil rata-rata setelah diberikan perlakuan sebesar 12,43. Analisis uji-t diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,036 < dengan taraf signifikan 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan penguasaan vocabulary antara menggunakan model Total Physical Response (TPR) dan Visual Auditory Kinestetic (VAK) di Kelas V SDIT Ibnu Abbas Cikarang.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Model Total Physical Response (TPR), Visual Auditory Kinestetic (VAK), Kemampuan Penguasaan Vocabulary
Subjects: Eksperimen
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: MS DINDA AZZAHRA
Date Deposited: 10 Jun 2025 07:27
Last Modified: 10 Jun 2025 07:27
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7776

Actions (login required)

View Item View Item