IDENTIFIKASI STRATEGI KOMUNIKASI GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 5 CIBARUSAH

Tammam, Fakhri Aji Ghiyats (2024) IDENTIFIKASI STRATEGI KOMUNIKASI GURU UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 5 CIBARUSAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (427kB)

Abstract

Strategi komunikasi guru yang efektif mencakup kemampuan guru untuk terlibat dalam komunikasi verbal dan nonverbal yang bijaksana dan berdampak dengan siswa mereka. Komunikasi verbal, sebagaimana didefinisikan oleh Fer (2018), melibatkan penggunaan ucapan dan bahasa untuk menyampaikan pesan, mengekspresikan keinginan, serta menyampaikan ide dan konsep. Guru sering kali mengandalkan strategi komunikasi verbal saat berinteraksi dengan siswa dalam lingkungan akademis, karena komunikasi lisan secara tatap muka dianggap sangat efektif dan langsung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi-strategi komunikasi yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswa. Teori yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini adalah Teori Komunikasi Pendidikan (Mahadi, 2021) dan Self-Determination Theory (Ryan & Deci, 2020). Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan wawancara semi-terstruktur sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilakukan di SMPN V Cibarusah. Penelitian ini mewawancarai enam informan yaitu empat guru dan dua siswa sedangkan key informan adalah satu guru kurikulum. Hasil dari penelitian ini menunjukkan siswa termotivasi oleh strategi komunikasi yang dilakukan oleh guru terutama strategi komunikasi verbal yang meliputi wejangan atau nasihat, kata-kata motivasi atau dukungan dan sebagainya. Selain itu, hasil penelitian ini menunjukkan guru dapat memotivasi siswa dengan membangun suasana pembelajaran yang kondusif. Guru juga dapat menggunakan strategi komunikasi verbal untuk membangun hubungan interpersonal agar dapat memotivasi. Bagi penelitian selanjutnya yang ingin meneliti dengan tema strategi komunikasi guru dapat menggunakan teori Komunikasi Pendidikan dan mampu mengubah metode penelitian kualitatif deskriptif menjadi metode penelitian kuantitatif.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAdara, Reza Anggriyashati0423028804
Keywords / Kata Kunci: Komunikasi Pendidikan, Motivasi Siswa, Strategi Komunikasi Guru
Subjects: Ilmu Komunikasi
Pendidikan
Faculty: Fakultas Komunikasi Sastra dan Bahasa > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Mr. Fakhri Aji
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:30
Last Modified: 30 Sep 2024 02:30
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/6655

Actions (login required)

View Item View Item