Evaluasi dan Pemodelan Dampak U - Turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Raya Pantura (Studi Kasus : U - Turn Pasar Tambun)

Palupi, Nanda Aisyah Ammar (2024) Evaluasi dan Pemodelan Dampak U - Turn Terhadap Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan Raya Pantura (Studi Kasus : U - Turn Pasar Tambun). Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (672kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Pertumbuhan populasi di Kabupaten Bekasi, khususnya di Kecamatan Tambun Selatan menyebabkan peningkatan volume transportasi dan kemacetan. Fasilitas u – turn di Jalan Raya Pantura sering memicu kemacetan karena kendaraan harus berhenti untuk berputar balik, terutama dipengaruhi oleh underpass Tambun dan Pasar Tambun. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dampak u – turn di depan Masjid At – Taqwa terhadap kinerja lalu lintas Jalan Raya Pantura. Menggunakan Pedoman Perencanaan U – Turn 06/BM/2005 dan software VISSIM, analisis menunjukkan panjang antrean 137,41 meter (Barat – Timur) dan 100,37 meter (Timur – Barat), waktu tundaan 58,61 detik (Barat – Timur) dan 27,46 detik per kendaraan (Timur – Barat), serta kecepatan rata – rata 15,76 Km/Jam (Barat – Timur) dan 12,52 Km/Jam (Timur – Barat). Tingkat pelayanan kedua arah adalah LOS F. Alternatif terbaik berdasarkan simulasi VISSIM Alternatif 2 dengan penggeseran bukaan median sejauh 90 meter ke arah Timur, yang mengurangi panjang antrean menjadi 129,83 meter (Barat – Timur) dan 76,05 meter (Timur – Barat), menurunkan waktu tundaan menjadi 0,67 detik (Barat – Timur) dan 1,12 detik per kendaraan (Timur – Barat), serta meningkatkan kecepatan rata – rata hingga 34,21 Km/Jam (Barat – Timur) dan 31,21 Km/Jam (Timur – Barat), dengan tingkat pelayanan jalan LOS E.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSylviana, Rika0423096804
UNSPECIFIEDParyati, Ninik0429017903
Keywords / Kata Kunci: Kabupaten Bekasi, Kemacetan Lalu Lintas, Evaluasi Kinerja Ruas Jalan, U – Turn, VISSIM
Subjects: Transportasi (Perancangan Jalan)
Faculty: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Mr Nanda Aliyah Ammar Palupi
Date Deposited: 09 Aug 2024 07:39
Last Modified: 09 Aug 2024 07:39
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5882

Actions (login required)

View Item View Item