PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT AL KAROMAH

Azzizah, Nimah Anis (2024) PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERHITUNG PERKALIAN SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SDIT AL KAROMAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
1. cover &daftar isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
3. BAB II (DUA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III (TIGA).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB IV (EMPAT).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB V (LIMA).pdf

Download (123kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya masalah keterampilan berhitung siswa yang masih rendah di kelas III SDIT Al Karomah. Berdasarkan hasil observasi membuktikan bahwa pada pembelajaran matematika dalam keterampilan berhitung siswa tergolong sangat rendah. Adapun permasalahannya yaitu: 1. Siswa masih belum mampu dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung perkalian. 2. Siswa kurang memahami perkalian dengan menggunakan hitung bersusun kebawah. 3. Siswa tidak mampu menempatkan angka dengan benar ketika menyelesaikan soal perkalian. 4. Rendahnya keterampilan berhitung pada siswa disebabkan kurangnya keterampilan mereka dalam mengoprasikan aritmatika. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan siswa pada pelajaran matematika, dengan menggunakan metode jarimatika di kelas III SDIT Al Karomah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, dengan subjek berjumlah 15 siswa dan pada setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan untuk siklus I dan 2 pertemuan untuk siklus II. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes tertulis. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 100% siswa dengan nilai KKM yang mencapai > 75. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan berhitung siswa SDIT Al Karomah. Pada siklus I dengan nilai 70,8 dan presentase ketuntasan klasikal sebesar 60% dan pada siklus II dengan nilai 88 presentase ketuntasan klasikal sebesar 100%. Selisih meningkatnya presentase klasikal siklus I dan siklus II sebesar 40%. Dengan demikian disimpulkan bahwa metode jarimatika dapat meningkatkan keterampilan berhitung siswa pada kelas III SDIT Al Karomah. Kata Kunci : Keterampilan Berhitung, Metode Jarimatika, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDSundari, Kori0404107203
Keywords / Kata Kunci: Keterampilan Berhitung, Metode Jarimatika, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms NIMAH ANIS AZZIZAH
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:22
Last Modified: 31 Jul 2024 08:22
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5733

Actions (login required)

View Item View Item