PENERAPAN MODEL VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI SUKADAYA 02 KABUPATEN BEKASI

Maryati, Lili (2024) PENERAPAN MODEL VISUALIZATION, AUDITORY, KINESTHETIC UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI SUKADAYA 02 KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
01. PENDAHULUAN.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB I CD.pdf

Download (367kB)
[img] Text
BAB II CD.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V .pdf

Download (149kB)
[img] Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (444kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah tentang rendahnya pemahaman konsep di kelas III SDN Sukadaya 02 Kabupaten Bekasi. Adapun permasalahan yaitu: 1. Siswa belum mampu menjelaskan materi yang telah diajarkan, 2. Siswa kesulitan dalam mengelompokan sifat-sifat sesuai dengan konsepnya, 3. Siswa belum mampu menyajikan bentuk matematika ke bentuk lainnya, 4. Siswa sulit untuk menentukan langkah yang tepat untuk menyelsaikan perkalian, 5. Siswa tidak dapat mengunakan konsep ke dalam pemecahan masalah. Dalam mengatasi permasalah tersebut maka diterapkannya model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SDN Sukadaya 02 Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dengan subjek berjumlah 27 siswa dan pada setiap siklusnya terdiri 3 pertemuan. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data tes tertulis. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dengan nilai KKM yaitu 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan pemahaman konsep siswa disetiap siklusnya yaitu pada siklus I ketentuan klasikal sebesar 52% dengan nilai ratarata 74 dan pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat mencapai 85% dengan nilai ratarata 82. Berdasarkan data tersebut model pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas III sebesar 33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika kelas III SDN Sukadaya 02 Kabupaten Bekasi. Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), Matematika

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi04-240171-02
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim04-190389-01
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), Matematika
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms LILI MARYATI
Date Deposited: 10 Jul 2024 10:01
Last Modified: 10 Jul 2024 10:02
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5500

Actions (login required)

View Item View Item