Penyesuaian Diri dan Efikasi Diri Akademik terhadap Stress Akademik pada Siswa SMPIT Insan Tauhid School Pasca Covid 19

Fadlillah, Muhammad Fauzi (2024) Penyesuaian Diri dan Efikasi Diri Akademik terhadap Stress Akademik pada Siswa SMPIT Insan Tauhid School Pasca Covid 19. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.

[img] Text
Cover Pendahuluan.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (149kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Dafpus.pdf

Download (109kB)

Abstract

PandemiCovid-19 menyebabkan pemerinta hmengubah sistem pendidikan menjadi pembelajaran jarak jauh(PJJ). Perubahan ini mengakibatkan terganggunya psikologis yang berupa menurunn yamotivasi, meningkatnya kecemasan, stresakademik, dan sebagainya. Efikasi Diri Akademik akademik merupakan keyakinan yang dimiliki seseorang untuk mengatasi tuntutan akademik. Dampak dari Efikasi Diri Akademik akademik dapat menurunkan efek negative yang ditimbulkan oleh stresa kademik.Penelitian inibertujuan untukmengetahui hubungan penyesuaian diri dan Efikasi Diri Akademik akademik terhadap stress akademik pasca covid 19. Jenis Penelitian ini bersifat kuantitatif korelasi dengan pendekatan pearson product moment, sampel dari penelitian ini berjumlah 60 Siswa/I di SMPIT Insan Tauhid School yang diambil menggunakan Teknik sampling jenuh Instrumen Penelitian ini menggunakan skala Penyesuaian Diri, Efikasi Diri Akademik (ASES) dan Stress Akademik (ESSA) yang menggunakan model skala likert. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan sakala psikologis Berdasarkan analisis yang telah dilakukan dengan bantuan SPSS 27 for Windows telah di dapatkan hasil bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara variable Penyesuaian Diri dengan Stress Akademik dan juga Variabel Efikasi Diri Akademik dengan Stress Akdemik pada siswa/I SMPIT Insan Tauhid School diterimanya hipotesis ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan Penyesuaian Diri dan Efikasi Diri Akademik Akademik terhadap Stress Akademik yang dialami oleh siswa/I SMPIT Insan Tauhid School. Besarnya hubungan tersebut dapat diketahui analisis antara variable Penyesuaian diri (X1) dan Stress Akademik (Y) melalui korelasi pearson product moment yang memperoleh koefisien korelasi (r ) = 0.190 dengan taraf signifikan nilai (p) =.147 (p > 0.05) dapat diterima namun tidak ada hubungan signifikan antara variabel penyesuaian diri dengan stress akademik dan termasuk dalam kategori Sangat Rendah, Sedangkan hasil analisis antara variable Efikasi Diri Akademik diri (X2) dan Stress Akademik (Y) melalui korelasi pearson product moment memperoleh koefisien korelasi (r ) = 0.148 denan taraf signifikan nilai (p) = 0.257 (p > 0.05) dapat diterima namun tidak ada hubungan signifikan dan termasuk dalam kategori Sangat Rendah

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDPurwantini, Lucky0410128604
Keywords / Kata Kunci: Penyesuaian Diri, Efikasi Diri Akademik dan Stress Akademik
Subjects: Psikologi Pendidikan
Faculty: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi S1
Depositing User: Mr. M. Fauzi Fadillah
Date Deposited: 23 Oct 2009 20:22
Last Modified: 23 Oct 2009 20:22
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5458

Actions (login required)

View Item View Item