kintan anggraeni, retno (2022) PENERAPAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DI SEKOLAH DASAR DALAM SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
COVER.pdf Download (746kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (311kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (311kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (529kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (364kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (296kB) |
Abstract
Penelitian ini di latarbelakangi masih banyaknya permasalahan yang seringkali dihadapi umumnya permasalahan yang dihadapi di kelas yaitu : 1) Jarak penulisan, 2) Kesajajaran, 3) Kerapian penulisan, 4) Penggunaan huruf kapital. Solusi yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut yang digunakan oleh peneliti keterampilan menulis tegak bersambung yaitu metode SAS (Struktur Analitik Sintetik). Seperti yang telah dikemukakan bahwa metode SAS adalah Metode Stuktur Analitik Sintetik salah satu metode membaca dan menulis permulaan dikelas rendah, dengan menggunakan metode ini maka metode ini dapat diterapkan dikelas rendah yaitu kelas satu, dua, dan tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Keterampilan Menulis Tegak Bersambung di Sekolah Dasar Penulis menggunakan metode penelitian dengan jenis Systematic Literature Review (SLR). Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan sumber data yang didapatkan dari jurnal ilmiah yang berkaitan dengan metode struktur analitik sintetik (SAS), keterampilan menulis tegak bersambung di sekolah dasar. Pencarian jurnal ilmiah dilakukan dengan database google scholar, dan research gate. Pencarian ini juga memfokuskan subjek penelitian yang diangkat yaitu siswa sekolah dasar. Terbit tahun jurnal yang di review memasuki rentang 10 tahun terakhir (2012-2022). Hasil dari analisis 8 jurnal yang telah dipaparkan pada tabel diatas, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) cocok digunakan dalam pembelajaran Bahasa. Indonesia. Dengan penggunaan metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) ini dalam kegiatan belajar mengajar bisa sangat membantu guru dalam membuat pelajaran menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) dapat digunakan dikelas bawah seperti kelas satu, dua dan tiga. Dari keterampilan menulis tegak bersambung siswa dilatih untuk kemapuan motorik halusnya semakin terasah ketika peserta didik menulis tegak bersambung. kegiatan menulis tegak bersambung akan merangsang kerja otak, terutama otak kanan dan mengatur berbagai macam seni dan estetika. Kata Kunci : metode struktur analitik sintetik, keterampilan menulis tegak bersambung, sekolah dasar
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) |
---|---|
Subjects: | Deskriptif |
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 |
Depositing User: | Users 16 not found. |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 08:24 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 08:24 |
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/542 |
Actions (login required)
View Item |