Septiawati, Fazryah Andini (2024) MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
pendahuluan..pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (143kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (81kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (690kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (2).pdf Download (239kB) |
Abstract
ABSTRAK Nama : Fazryah Andini Septiawati Program studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Judul : Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPA di sekolah dasar yang peneliti temukan dari berbagai artikel jurnal. Rendahnya hasil belajar IPA ditandai dengan masih banyaknya siswa yang belum mencapai KKM yang telah ditentukan. Salah satu solusi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA yang menjadi permasalahan yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keatktifan siswa dalam proses pembelajaran dengan kemampuan berfikir siswa dalam memecahkan permasalahan yang dilalui dengan beberapa tahapan yang nantinya mampu mengembangkan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa serta memperoleh peningkatan pada hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR). Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa identifikasi masalah, pencarian data, screening, ekstrasi, dan review. Indikator inklusi pada penelitian ini antara lain: artikel penelitian dipublikasikan 10 tahun terakhir dari tahun 2013 sampai dengan 2023, artikel penelitian menggunakan subjek siswa sekolah dasar, artikel penelitian membahas mengenai model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPA, dan menggunakan sumber data yang berasal dari jurnal. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh terdapat 28 artikel yang menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), 9 artikel menggunakan Eksperimen dan 1 artikel menggunakan Deskriptif Kualitatif. Dari 38 artikel yang telah di review, tahun yang paling banyak mempublikasikan artikel berada di tahun 2021 dengan mendapatkan persentase tertinggi sebanyak 24%. Dan jika dilihat dari artikel, yang paling banyak melakukan penelitian berada pada kelas tinggi yaitu kelas V dengan memperoleh jumlah persentase sebanyak 58%. Metode yang paling banyak digunakan dalam penelitian berdasarkan hasil Literature Review yaitu menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang memperoleh persentase sebanyak 74%. Dan semua artikel yang sudah di review 100% mengalami peningkatan pada hasil belajar IPA siswa sekolah dasar melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar ABSTRACT Name: Fazryah Andini Septiawati Study program: Primary School Teacher Education (PGSD) Title: Problem Based Learning Model in Improving Science Learning Outcomes in Elementary School Students This research was motivated by the low learning outcomes in science subjects in elementary schools which researchers found from various journal articles. The low science learning outcomes are indicated by the large number of students who have not reached the specified KKM. One solution to improve student learning outcomes in science subjects which is a problem is by implementing the Problem Based Learning learning model. By implementing the Problem Based Learning learning model, it can increase student activity in the learning process with students' ability to think in solving problems that go through several stages which will later be able to develop the knowledge possessed by students and obtain improvements in learning outcomes. The research method used is Systematic Literature Review (SLR). Data obtained using data collection techniques in the form of problem identification, data search, screening, extraction and review. Indicators of inclusion in this research include: research articles published in the last 10 years from 2013 to 2023, research articles using elementary school students as subjects, research articles discussing the Problem Based Learning learning model on science learning outcomes, and using data sources originating from journal. Based on the research results obtained, there were 28 articles that used Classroom Action Research (PTK), 9 articles used Experiments and 1 article used Qualitative Descriptive. Of the 38 articles that have been reviewed, the year with the most articles published was 2021 with the highest percentage of 24%. And if you look at the article, those who do the most research are in the high class, namely class V, with a percentage of 58%. The method most widely used in research based on the results of the Literature Review is using the Classroom Action Research (PTK) method which obtained a percentage of 74%. And all articles that have been reviewed have 100% increased the science learning outcomes of elementary school students through the Problem Based Learning learning model. Keywords: Problem Based Learning Model, Learning Outcomes, Elementary School Students
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, Siswa Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms FAZRYAH ANDINI SEPTIAWATI | |||||||||
Date Deposited: | 26 Aug 2024 06:47 | |||||||||
Last Modified: | 26 Aug 2024 06:47 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5262 |
Actions (login required)
View Item |