Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDIT An-Nadwah Tambun Selatan

Octaviani, Anti Tri (2025) Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III di SDIT An-Nadwah Tambun Selatan. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN 2.pdf

Download (723kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan guru hanya mentransfer pengetahuan kepada siswa menggunakan buku pelajaran yang sudah ada, dan jarang menggunakan media pembelajaran yang sesuai, sehingga kualitas proses pembelajaran khususnya membaca pemahaman sudah baik namun menjadi kurang dikarenakan media cerita bergambar yang tidak digunakan di sekolah SDIT An-Nadwah Tambun Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media cerita bergambar terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di SDIT An – Nadwah Tambun Selatan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental Design dalam bentuk Nonequevalent Control group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah kelas III Zaid Bin Tsabit sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 24 siswa dan kelas III Zubaer Bin Awwam sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test uraian pada saat pretest (tes awal) dan posttest (tes akhir). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata nilai kedua kelompok tersebut, yaitu kelas eksperimen (pretest) sebesar 46,95 dan (Posttest) sebesar 72,13, sedangkan pada kelas kontrol (pretest) sebesar 49,70 dan (posttest) sebesar 56,37. Dan hasil N-Gain kelas eksperimen termasuk kategori sedang (0,30 < N-Gain < 0,70) dengan nilai sebesar 0,47 dan hasil N-Gain kelas kontrol termasuk kategori rendah dengan nilai sebesar 0,14. Hasil hipotesis kemampuan membaca pemahaman mata Pelajaran bahasa Indonesia menggunakan data nilai diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena Sig. (2-tailed)=0,000 < =0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media cerita bergambar berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas III di SDIT An – Nadwah Tambun Selatan.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Media cerita bergambar, membaca pemahaman, eksperimen
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms ANTI TRI OCTAVIANI
Date Deposited: 15 Mar 2024 08:42
Last Modified: 15 Mar 2024 08:42
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4931

Actions (login required)

View Item View Item