MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR

Febriyantih, Melinda (2023) MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN MELINDA.pdf

Download (755kB)
[img] Text
BAB 1 MELINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2 MELINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 MELINDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA MELINDA.pdf

Download (90kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar” . Membaca pemahaman adalah suatu tahap proses membaca bagi siswa Sekolah Dasar kelas atas dengan memahami seluruhisi bacaan. Berdasarkan kaian dari beberapa jurnal , ditemukan permasalahan pada Siswa Sekolah Dasar dalam membaca pemahaman siswa Sekolah Dasar pada pelajaran Bahasa indonesia. hal tersebut terlihat pada jurnal ditemukan masalah seperti pada siswa hanya mengenal huruf bacaan namun tidakbisa memahami makna isi bacaan masih kurangnya pemahaman saat menceritakan kembali dengan bahasa sendiri, siswa belum bisa menemukan makna dari kata sulit dan menyimpulkan dari bahan bacaan sert kurangnya berpartisipasi aktif baik dalam mengajukan pertanyaan maupun menaggapi materi pembelajaran. Permasalahan dapat diatasi dengan menggunakan Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) adalah menggabungkan keterampilan membaca dan menulisdengan cara berdiskusi secara berkelompok memberikan kesempatan untuk saling bekerjasama dalam bertukar fikiran dan berani mengajukan pertanyaan maupun menaggapi pertanyaan teman dan saling menghargai dan saling membantu siswa lebih mudah memahami membaca pemahaman. Prediksi hasil dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) siswa diyakini dapat : 1) siswa mampu menemukan gagasanutama pada setiap paragraph. 2) siswa mampu menemukan makna dari kata-kata sulit dan membuat kalimat darikata-kata sulit tersebut. 3)siswa mampu untuk menjawab pertanyaan secara komperhensif dari bahan bacaan . 4) siswa mampu untuk menceritakn kembali bahan bacaaan dengan kalimat bahasa sendiri. 5) siswa mampu untuk menyimpulkan bahan bacaan. Maka, dengan ini penulis mengajukan rekomendasi pada Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan membaca pemahaman pada pelajaran Bahasa Indonesia yaitu : 1) guru sebaiknya dituntut lebih kreatif , 2) diperlukannya mengatur waktu dalam penerapan model pembelajaran guna mengkondisikan kelas yang lebih baik.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC), KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN, BAHASA INDONESIA
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms melinda febriyantih
Date Deposited: 29 Aug 2023 04:18
Last Modified: 29 Aug 2023 04:18
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3974

Actions (login required)

View Item View Item