Hakim, Alwi (2023) Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Rahmatan Lil A'lamin Perspektif Abuddin Nata. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text (PENDAHULUAN)
PENDAHULUAN ALWI HAKIM-41182911180056 Download (633kB) |
|
Text (BAB I)
BAB 1 ALWI HAKIM-41182911180056 Download (159kB) |
|
Text (BAB II)
BAB 2 ALWI HAKIM-41182911180056 Download (323kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III Download (128kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB 4 ALWI HAKIM-41182911180056 Download (385kB) |
|
Text (BAB V)
BAB 5 ALWI HAKIM-41182911180056 Download (106kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA ALWI HAKIM-41182911180056 Download (166kB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan Abuddin Nata tentang pendidikan terutama mengenai kurikulum pendidikan Berbasis Rahmatan lil ‘Alamin yang hasilnya dari Abuddin Nata dan Relevansinya di Indonesia. Problematika yang penulis rasa adalah belum ditemukannya secara pasti kurikulum pendidikan yang mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan Islam sehingga memicunya hasil dari pendidikan tersebut yang tidak rahmatan lil ‘Alamin. Berdasarkan permasalahan diatas maka telah timbul sebuah pertanyaan besar dalam penelitian yaitu, Bagaimana Konsep kurikulum pendidikan Berbasis Rahmatan lil ‘Alamin menurut Abuddin Nata? dan Bagaimanakah Relevansinya di Indonesia? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sumber data penelitiannya adalah Library Reserch atau Studi Kepustakaan. Dengan begitu maka untuk pengumpulan data terdapat dua jenis sumber ada sumber primer dan juga sekunder, primer yang berasal dari buku utama yang khusus membahas kajian ini yaitu, buku-buku karya Abuddin Nata sedangkan sekunder ini berasal dari buku pendukung, berita acara, dokumentasi, artikel, jurnal penelitian, atau konten khusus membahas terkait penelitian ini. Selain itu, metode analisis data ini menggunakan deskriptif dan interpretasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, mengembangkan pendidikan Islam yang damai, kedua, mengembangkan kewirausahaan ketiga, mengembangkan ilmu sosial profetik keempat, terdapat mata kuliah toleransi kelima, mengajarkan Islam moderat keenam, Pendidikan yang seimbang, ketujuh, mencetak ulama yang intelektual kedelapan, menghilangkan kendala pendidikan, Kesembilan, meningkatkan mutu pendidikan kesepuluh, meningkatkan kemampuan bahasa asing. Selain itu juga, terdapat kerelevansian konsep kurikulum pendidikan Islam dengan sistem pendidian nasional Indonesia. Kata kunci : Abuddin Nata, Kurikulum, Pendidikan Islam, Rahmatan lil ‘Alamin.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Abuddin Nata, Rahmatan Lil A'lamin, Pendidikan Islam, Indonesia | ||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | ||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Mr Alwi Hakim | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2023 09:51 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2023 09:51 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3680 |
Actions (login required)
View Item |