Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas V SDN Kebalen 01 Babelan

Lestari, Rika Tri (2023) Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Dengan Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Kelas V SDN Kebalen 01 Babelan. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya pemahaman konsep siswa SDN Kebalen 01 Babelan yang ditandai dengan kurangnya kemampuan siswa dalam mengungkapkan kembali apa yang telah dikomunikasikan kepada siswa, siswa masih keliru ketika menyebutkan sifat-sifat bilangan, siswa kesulitan menyelesaikan soal yang berbeda sesuai dengan contoh yang diberikan guru, siswa mengalami kesulitan dalam membedakan bilangan pecahan penyebut berbeda dengan penyebut yang sama, dan siswa tidak mampu menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan permasalahan sehari-hari menggunakan konsep atau algoritma. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa kelas V dengan mengguakan model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan, dan refleksi. Jumlah peserta didik dikelas V yaitu 28 peserta didik. Jumlah peserta didik laki-laki 16 dan jumlah peserta didik perempuan 12. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan observasi. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini apabila 80% dari jumlah siswa mencapai nilai 75 Hasil dari penelitian menyatakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep siswa pada siklus I ke siklus II yakni jika siklus I ketuntasan klasikal sebesar 46% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 70,6. Pada siklus II ketuntasan klasikal sebesar 85% dengan nilai rata-rata kelas sebesar 79,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika pada kelas V SDN Kebalen 01 Babelan. Kata kunci : Pemahaman Konsep, Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
Keywords / Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Model Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI)
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms rika tri lestari
Date Deposited: 15 Aug 2023 06:24
Last Modified: 15 Aug 2023 06:24
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3604

Actions (login required)

View Item View Item