PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS VIII DI MTS ISMUL AZHOM KARANG BAHAGIA KABUPATEN BEKASI

HADZAD, KHAIDIR ILMU (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA KELAS VIII DI MTS ISMUL AZHOM KARANG BAHAGIA KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1-1.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB 2-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4-1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5-1.pdf

Download (59kB)
[img] Text
DAPUS-1.pdf

Download (57kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan Keaktifan dan hasil belajar IPS peserta didik melalui penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle di kelas VIII MTS Ismul Azhom Karang Bahagia. Penelitian ini adalah bentuk penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam beberapa siklus hingga hasilnya cukup untuk memenuhi kriteria. Setiap siklus dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek yang akan dikenai tindakan adalah peserta didik kelas VIII MTS Ismul Azhom Karang Bahagia., Kabupaten bekasi, tahun pelajaran 2022/2023, yang berjumlah 12 peserta didik yang terdiri dari 6 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, sedangkan analisis data dilakukan melalui analisis kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan: 1) Hasil belajar IPS peserta didik sebelum penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle di kelas VIII MTS Ismul Azhom Karang Bahagia adalah sangat rendah yaitu dari 12 peserta didik hanya terdapat 6 peserta didik atau 50% dapat memperoleh nilai sesuai kriteria ketuntasan minimal, sedangkan 6 peserta didik atau 50% memperoleh nilai kriteria ketuntasan minimal dibawah 71. 2) Hasil belajar IPS peserta didik setelah penerapan metode pembelajaran Crossword Puzzle di kelas VIII MTS Ismul Azhom Karang Bahagia mengalami peningkatan, Crossword Puzzle dapat meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik. Untuk itu peneliti menyarankan bagi guru untuk menggunakan metode pembelajaran Crossword Puzzle pada kegiatan belajar mengajar mata pelajaran IPS. Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Pembelajaran Crossword Puzzle. 3) Hasil Penerapan Crossword Puzzle juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar didalam sekolah, yang sebelumnya siswa siswi di kelas VIII MTS Ismul Azhom Karang Bahagia cenderung pasif dan tidak terlalu aktif dalam berinteraksi guru dan murid. Setelah penerapan crossword puzzle keaktifan siswa dalam berinteraksi selama pelajaran berlangsung meningkat signifikan

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
ContributorAmin, Amin0414037001
ContributorWaluya, Jaka0415097302
Keywords / Kata Kunci: Hasil Belajar IPS, Metode Pembelajaran Crossword Puzzle
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi S1
Depositing User: mr khaidir ilmu
Date Deposited: 14 Aug 2023 08:25
Last Modified: 14 Aug 2023 08:25
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3392

Actions (login required)

View Item View Item