Indri Wardhani, Fitri (2023) ANALISIS PENERAPAN METODE SILABA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (829kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (129kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (190kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (54kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (160kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan Bahasa Indonesia siswa kelas rendah sekolah dasar. Hal tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan metode pembelajaran konvesional yang mana pembelajaran hanya berpusat pada guru sedangkan siswa tidak banyak di libatkan atau tidak aktif dalam pembelajaran. Pada kondisi ini metode Suku kata (silaba) menjadi salah satu metode alternatif solusi, karena metode suku melibatkan interaksi antara murid dan guru, sehingga tidak terjadi lagi pembelajaran pembelajaran yang hanya mendominasi guru atau mendominasi siswa yang pandai saja. Penelitian ini juga bertujuan untuk meninjau bagaimana metode suku kata (silaba) terhadap kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas bawah sekolah dasar. Metode yang di gunakan untuk meninjau yaitu sistematis atau Systematic Literatur Review (SLR) dengan menganalisis hasil penelitian yang telah di publikasikan secara nasional yang berkaitan dengan metode suku kata (silaba) terhadap kemampuan membaca permulaan siswa kelas rendah sekolah dasar untuk pelajaran Bahasa Indonesia, sampel analisis adalah 15 buah jurnal yang telah di terbitkan pada 10 tahun terakhir. Jurnal tersebut membahas metode suku kata, berdasarkan hasil temuan analisis metode suku kata (silaba) memberikan pengaruh yang positif. Dari setiap artikel atau jurnal yang telah di analisis, terdapat perbedaan, tapi secara keseluruhan penelitian ini menunjukan kesimpulan bahwa metode suku kata untuk kemampuan membaca permulaan Bahasa Indonesia pada siswa kelas rendah sekolah dasar memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca terhadap siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Metode Suku Kata, Kemampuan Membaca Permulaan, Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Eksperimen Pendidikan |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Ms. Fitri Indri | |||||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2023 08:24 | |||||||||
Last Modified: | 11 Aug 2023 08:24 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/3391 |
Actions (login required)
View Item |