PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SEKOLAH DASAR

Fathonah, Aulia (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE (CLIS) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan.tmp.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB 2 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (550kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf

Download (193kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep IPA. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui gambaran penerapan Children Learning in Science terhadap pemahaman konsep IPA di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan Systematic Literatur Review (SLR) atau studi tinjauan pustaka sistematis yang digunakan untuk memperoleh informasi dan data dengan cara menelaah sumber-sumber tertulis. Hasil penelitian Literatur telah ditelusuri melalui Google Scholar menggunakan kata kunci yang telah ditetapkan dan jumlah keseluruhan bahan kajian adalah 7 jurnal yang memenuhi seluruh kriteria inklusi dan data-data yang telah dikumpulkan adalah gambaran dari “Penerapan Model Pembelajaran Children Learning in Science (CLIS) terhadap pemahaman konsep IPA di Sekolah Dasar”. Dari hasil review dan penelitian beberapa artikel ilmiah yang telah dilakukan, penerapan model children learning in science (CLIS) terbukti berpengaruh sangat signifikan terhadap pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar. Penerapan pembelajaran model (CLIS) di kelas rendah dan kelas tinggi, analisis pemahaman konsep serta rekomendasi. Pada hasil peningkatan terlihat perbedaan pada kelas rendah memperoleh nilai ratarata sebesar 19,42 dan pada kelas tinggi memperoleh nilai rata-rata sebesar 22,619. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model (CLIS) membuat proses pembelajaran menjadi lebih bermakna, berorientasi pada proses pembelajaran, menumbuhkan minat siswa serta meningkatkan pemahaman konsep IPA. Kata Kunci: Children Learning In Science (CLIS), Pemahaman Konsep IPA, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDArrahim, arrahim0419038901
Keywords / Kata Kunci: Children Learning In Science (CLIS), Pemahaman Konsep IPA, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Aulia Fathonah
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:44
Last Modified: 12 Jul 2023 09:44
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2979

Actions (login required)

View Item View Item