Andiani, Amartyas (2022) Penerapan Metode Drill Untuk Kemampuan Membaca Nyaring Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar Dalam Systematic Review. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (672kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (136kB) |
|
Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (305kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (397kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (109kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari penerapan metode drill dalam pembelajaran Bahasa Indonesia terhadap kemampuan membaca nyaring. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa jurnal permasalahan yang terjadi dalam keterampilan membaca nyaring di sekolah dasar yaitu masih banyak siswa yang kurang mampu membaca dengan baik sesuai dengan kaidah membaca nyaring itu sendiri sehingga menyebabkan anak kurang dapat memahami makna sebuah bacaan yang mereka baca sesuai dengan aspek membaca nyaring seperti lafal, serta intonasi yang tepat. Sehingga solusi dari permasalahan ini dapat diatasi dengan penggunaan metode drill terhadap kemampuan membaca nyaring pada siswa SD. Metode drill adalah sebuah metode yang dilakukan secara berulang – ulang untuk menanamkan kebiasaan- kebiasaan tertentu sampai mendapatkan suatu penguasaan keterampilan. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR). Metode penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan serta mengevaluasi sumber atau refrensi artikel dan jurnal yang sesuai dengan topik penelitian. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal jurnal yang terkait dengan penerapan metode drill terhadap kemampuan membaca nyaring. Penelitian ini menggunakan 15 jurnal sebagai bahan penelitian dengan kriteria inklusi diantaranya jurnal penelitian dipublikasikan 8 tahun terakhir (2014 – 2021) dengan subjek penelitian sekolah dasar dan jurnal dapat diakses atau diunduh. Hasil dan pembahasan dari analisis penerapan metode drill terhadap kemampuan membaca nyaring siswa sekolah dasar yaitu dapat meningkatkan kemampuan membaca nyaring siswa karena dengan menerapkan metode pembelajaran drill di dalam kelas siswa melakukan kegiatan yang berupa pengulangan dari satu hal yang sama. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan maka peneliti merekomendasikan untuk melakukan pengembangan metode drill dengan berbantuan media visual seperti cerita bergambar atau kartu bergambar agar dalam penerapannya bisa lebih meninjau keuntungan dan kesenangan siswa.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Users 16 not found. | |||||||||
Date Deposited: | 18 Jul 2022 04:59 | |||||||||
Last Modified: | 18 Jul 2022 04:59 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
View Item |