PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA DI SEKOLAH DASAR

Pebriyanti, Nyimas Nanda Zaleha (2022) PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI SISWA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (451kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pendekatan kontekstual (contextual teaching and learning) dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa di Sekolah Dasar. Berdasarkan bahan kajian jurnal, diperoleh beberapa permasalahan rendahnya keterampilan menulis puisi yaitu siswa kesulitan dalam menuangkan ide dalam menulis puisi dan guru kurang memberikan kesempatan bagi siswa untuk bereksplorasi menulis puisi karena kurang dihadapkan pada objek nyata. Permasalahan tersebut dapat diatasi dengan menggunakan pendekatan kontekstual yang merupakan konsep belajar mengaitkan antara materi yang diajarkan guru dengan situasi dunia nyata siswa dalam kehidupan sehari – hari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review, penelitian ini dilakukan dengan cara review dan identifikasi jurnal secara sistematis.. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah jurnal yang memiliki kriteria inklusi sebagai berikut; jurnal 8 tahun terakhir (2013 - 2021), jurnal mata pelajaran bahasa Indonesia, jurnal untuk jenjang Sekolah Dasar, dan jurnal berbahasa Indonesia. Berdasarkan dari analisis 12 jurnal, dengan penggunaan pendekatan kontekstual dapat menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna karena siswa dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran untuk menemukan suatu objek dan mendorong siswa untuk berpikir kritis serta dapat mengontruksi ide – ide serta imajinasinya dalam menulis puisi. Dengan demikian, penulis merekomendasikan pada langkah – langkah pendekatan kontekstual dengan melakukan kegiatan ice breaking menyebut objek di awal sebelum kegiatan inti pembelajaran dimulai untuk merangsang siswa dalam berpikir kritis dan menumbuhkan semangat siswa agar dapat mengikuti pembelajaran dengan baik. Kata Kunci: pendekatan kontekstual, contextual teaching and learning, keterampilan menulis puisi.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 16 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2022 08:14
Last Modified: 15 Jul 2022 08:14
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/266

Actions (login required)

View Item View Item