GAMBARAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION

Jamilah, Mimi (2023) GAMBARAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (992kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)

Abstract

Permasalahan yang terjadi adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar, selain itu beberapa permasalahan lainnya yaitu : (1) Siswa kesulitan dalam menentukan atau menemukan kalimat utama pada setiap paragraf teks bacaan. (2) Siswa kesulitan dalam membuat pertanyaan berdasarkan isi teks yang dibacanya. (3) Apabila disajikan pertanyaan dalam menanggapi bacaan, seringkali antara pertanyaan dengan jawaban tidak sesuai dengan isi teks bacaan. (4) Siswa kesulitan membuat kesimpulan berdasarkan teks yang dibacanya. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penerapan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat menjadi solusi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Efektivitas model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) sebagai solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar, serta mengetahui gambaran dan adanya pengaruh kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) mulai dari perencanaan, implementasi, serta dampaknya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR), penelitian ini menganalisi 19 jurnal/artikel yang berkaitan dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dan kemampuan membaca pemahaman siswa yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu terindeks database google scholar, jurnal dipublikasikan pada tahun dari tahun 2012-2022, subjem siswa sekolah dasar, jurnal sesuai dengan topik pembahasan penelitian, pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil penelitian yang dianalisis dari penelitian terdahulu dilihat dari penerapan model CIRC di kelas rendah dan tinggi di berbagai wilayah dan tahun yang berbeda beda, model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa sekolah dasar terutama pada siswa kelas tinggi, karena siswa kelas tinggi lebih berkompeten dalam pembelajaran dan dapat memahami suatu makna bacaan dengan baik dan benar. Model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat menggunakan media pembelajaran yang bervariasi seperti video bergambar yang terdapat teks bacaan, power point, dan lain sebagainya. Dengan demikian penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan memabca pemahaman siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRikmasari, Rima0404108202
UNSPECIFIEDEndah Sugiharti, Rini0411097804
Keywords / Kata Kunci: Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Kemampuan Membaca Pemahaman, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Psikologi Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Mimi Jamilah
Date Deposited: 24 Feb 2023 06:27
Last Modified: 24 Feb 2023 06:27
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2407

Actions (login required)

View Item View Item