Safira, Alfi Dwi (2023) ANALISIS HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SAVI PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (875kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (144kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (11kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
Abstract
Latar belakang dari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa sekolah dasar yang memiliki nilai di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Permasalahan tersebut disebabkan karena kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan adanya pengaruh hasil belajar matematika dengan menggunakan model pembelajaran SAVI pada siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literatur Review (SLR) merupakan penelitian yang dilakukan untuk mengkaji hasil dari penelitian terdahulu secara sistematis berdasarkan suatu tema penelitian untuk menjawab pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan sebelumnya. Penelitian ini menganalisis 11 jurnal berkaitan dengan model pembelajaran SAVI dan hasil belajar matematika yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu terindeks database google scholar, jurnal dipublikasikan pada tahun 2012-2022 (10 tahun terakhir), subjek siswa sekolah dasar, pelajaran matematika, jurnal sesuai dengan topik pembahasan penelitian. Berdasarkan hasil penelitian model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar terutama pada siswa kelas tinggi karena siswa kelas tinggi lebih berkompeten dalam pembelajaran yang sistematis dan juga mampu berpikir abstrak. Model pembelajaran SAVI dapat menggunakan media pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan materi yang akan diajarkan seperti pada materi bangun datar atau bangun ruang dapat digunakan media pembelajaran berbentuk bangun yang terbuat dari kardus. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran SAVI memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Kata kunci : Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar Matematika, Siswa Sekolah Dasar
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Pembelajaran SAVI, Hasil Belajar Matematika, Siswa Sekolah Dasar | |||||||||
Subjects: | Deskriptif Eksperimen Penelitian Tindakan Kelas |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | Miss Alfi Dwi Safira | |||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 04:27 | |||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 04:27 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2330 |
Actions (login required)
View Item |