Hakim, Salsabila (2025) PENERAPAN METODE DRILL BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA KELAS II SDIT TAUFIQURRAHMAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN-Repository.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (271kB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (489kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (180kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya permasalahan rendahnya penguasaan kosakata siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di kelas II SDIT Taufiqurrahman. Adapun permasalahan yang dihadapi oleh peneliti terletak pada indikator-indikator sebagai berikut: 1] siswa masih kurang dalam melafalkan kosakata Bahasa Inggris. 2] siswa masih kurang tepat dalam mengeja kosakata Bahasa Inggris. 3] siswa masih kurang tepat dalam mengucapkan arti dari kosakata Bahasa Inggris. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode Drill berbantuan media Flashcard terhadap peningkatan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa pada kelas II SDIT Taufiqurrahman. Metode penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan, dengan subjek penelitian berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes lisan. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dengan nilai yang diperoleh siswa yaitu 75. Hasil persentase ini menujukkan bahwa dalam meningkatkan penguasaan kosakata siswa pada mata Pelajaran Bahasa Inggris pada siklus I sebesar 52% dengan nilai rata-rata nilai 71,1 dan siklus II sebesar 82% dengan nilai rata-rata 76,6. Ini menunjukkan bahwa penerapan metode Drill berbantuan media Flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa sebesar 30% dan 15% atau 4 orang siswa masih kurang dalam penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode Drill berbantuan media Flashcard dapat meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa kelas II SDIT Taufiqurrahman This research is motivated by the problem of low mastery of student vocabulary in English subjects in class II SDIT Taufiqurrahman. The problems faced by researchers lie in the following indicators: 1] students are still lacking in pronouncing English vocabulary. 2] students are still not correct in spelling English vocabulary. 3] students are still not correct in pronouncing the meaning of English vocabulary. The purpose of this study was to determine the application of the Drill method assisted by Flashcard Media to improve students' mastery of English vocabulary in class II SDIT Taufiqurrahman. This research method uses the Classroom Action Research (PTK) method consisting of 2 cycles, where each cycle consists of 2 meetings, with research subjects totaling 23 students. This study used data collection techniques in the form of observation and oral tests. The success criteria in this study is 80% with the value obtained by students is 75. The results of this percentage show that in improving students' vocabulary mastery in English subjects in cycle I by 52% with an average value of 71,1 and cycle II by 82% with an average value of 83. This shows that the application of theDrill method assisted by Flashcard Media can increase students' mastery of English vocabulary by 30% and 15% or 4 students are still lacking in mastery of English vocabulary. This it can be concluded that the Drill method Flashcard Media can improve the mastery of English vocabulary of second grade students of SDIT Taufiqurrahman.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata kunci: Metode Drill, Media Flashcard, Penguasaan Kosakata, Bahasa Inggris, Sekolah Dasar. | |||||||||
Subjects: | Pendidikan | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS SALSABILA HAKIM | |||||||||
Date Deposited: | 30 Jul 2025 09:21 | |||||||||
Last Modified: | 30 Jul 2025 09:21 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |