MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

Rahmawati, Riski (2022) MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi, serta rendahnya hasil belajar IPA siswa sekolah dasar sehingga pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui gambaran dari penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Systematic Literature Review (SLR). Penelitian dilakukan dengan cara mengumpulkan data jurnal penelitian atau artikel ilmiah yang berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. Jurnal yang digunakan dalam penelitian ini memiliki kriteria, yaitu 8 tahun terakhir dari tahun 2014-2022. Berdasarkan hasil kajian literatur yang sudah dilakukan, penggunaan model pembelajaran Example Non Example terhadap hasil belajar IPA siswa sekolah dasar sangat efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Pada bahan kajiannya dilihat dari metodologi penelitian, penerapan kelas bawah dan kelas atas, dan penerapan model Example Non Example berbantuan media dan tidak berbantuan media. Model pembelajaran Example Non Example baik yang berbantuan media maupun tidak berbantuan media sama-sama dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian terdahulu yang menunjukkan rata-rata hasil belajar IPA meningkat dari siklus I ke siklus II maupun pretest dan postest. Indikator ranah kognitif tercapai dalam penerapan model pembelajaran Example Non Example.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSumirat, FannyUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini EndahUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: Example Non Example; Hasil Belajar IPA; Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Deskriptif
Eksperimen
Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 238 not found.
Date Deposited: 24 Aug 2022 07:01
Last Modified: 24 Aug 2022 07:01
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/764

Actions (login required)

View Item View Item