Andiana, Nabila Putri (2025) Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Pada Kelas V di SDIT Al Ihsan Legenda Zamrud. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
![]() |
Text
1. PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2. BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
![]() |
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
![]() |
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (891kB) | Request a copy |
![]() |
Text
6. BAB V.pdf Download (127kB) |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep terhadap mata pelajaran IPA. Hal tersebut ditandai dengan kemampuan pemahaman konsep yang masih belum mencapai dengan rata rata yang sudah ditentukan oleh guru, ini terlihat dari hasil latihan soal esai yang diberikan kepada siswa kelas V SDIT Al Ihsan Legenda Zamrud, masih banyak siswa yang masih belum paham materi dengan soal esai tersebut. Dikarenakan berbagai macam faktor mulai dari siswa yang tidak dapat menentukan apa yang diketahui dan ditanyakan dari soal yang diajukan, siswa masih bingung dalam meringkas dan menjelaskan, siswa juga tidak dapat menyimpulkan kembali terhadap materi yang telah diberikan, hal ini menyebabkan siswa tidak menyelesaikan soal dengan benar. Tujuan dari peneliti untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siswa kelas V SDIT Al Ihsan Legenda Zamrud. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Peserta didik laki laki dan perempuan tidak digabung dalam satu kelas atau dipisahkan kelasnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dan observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan klasikal kelas V dari siklus 1 hingga siklus 2. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 30% dengan nilai rata - rata 68. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 90% dengan nilai rata - rata 84, peningkatan pemahaman konsep dalam penelitian ini sebesar 60%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas V SDIT Al Ihsan Legenda Zamrud. Dengan menggunakan model CTL membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan lebih aktif karena siswa terlibat langsung, proses pembelajaran menjadi optimal dan lebih bermakna saat pembelajaran dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Kemampuan Pemahaman Konsep, Sekolah Dasar, IPA | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas | |||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | MS Nabila Putri Andiana | |||||||||
Date Deposited: | 09 May 2025 09:09 | |||||||||
Last Modified: | 09 May 2025 09:09 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7562 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |