Uswatun, Khasanah (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FOCUS GROUP DISCUSSION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI KELAS X SMA NEGERI 3 BABELAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (517kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (795kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (602kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V .pdf Download (152kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (382kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif atau narturalistik. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa sosial aktual, sikap, kepercayaan, persepsi, serta pemikiran individu maupun kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 3 Babelan dengan Penerapan Model Pembelajaran Focus Group Discussion (FGD). Penelitian ini melibatkan 40 siswa kelas X.F di SMA Negeri 3 Babelan, dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Penelitian dilakukan dalam tiga siklus, dengan penerapan model pembelajaran Focus Group Discussion (FGD) untuk melihat dampaknya terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada tes awal sebelum tindakan siklus I (Pra-PTK), 14 siswa (35%) mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) 75, dengan nilai rata-rata kelas 69,12. Setelah penerapan tindakan pada siklus I, jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat menjadi 21 siswa (53%) dengan nilai rata-rata 71,37. Namun, indikator keberhasilan yang ditetapkan, yaitu nilai 85, belum tercapai, sehingga penelitian dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat lagi, dengan 30 siswa (75%) mencapai KKM dan nilai rata-rata kelas naik menjadi 76,25. Pada siklus III, semua siswa (100%) berhasil mencapai KKM, dengan nilai rata-rata meningkat signifikan menjadi 85,25. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Focus Group Discussion (FGD) terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas X.F di SMA Negeri 3 Babelan, sebagaimana ditunjukkan oleh peningkatan signifikan dalam persentase siswa yang mencapai nilai KKM dan peningkatan rata-rata nilai dari siklus ke siklus.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Model Pembelajaran Focus Group Discussion (FGD), Hasil Belajar Siswa, Pendidikan Agama Islam. | ||||||
Subjects: | Pendidikan | ||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Ms. Uswatun Khasanah | ||||||
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:33 | ||||||
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:33 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/7141 |
Actions (login required)
View Item |