Taba, Li Awal (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE SURVEY, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, DAN REVIEW (SQ4R) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN RAWA BADAK UTARA 01. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (875kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (95kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Download (76kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa, yang ditandai dengan nilai pembelajaran bahasa Indonesia rendah, lemahnya tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa, banyak siswa yang belum mampu menentukan pokok pikiran dan isi dari suatu bacaan, siswa tidak mampu memahami teks bacaan dengan ketepatan yang memadai sulitnya siswa dalam mengungkapkan informasi serta menyimpulkan informasi yang didapat dari kegiatan membaca, siswa tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan dalam sebuah teks bacaan. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV SD dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode SQ4R di SDN Rawa Badak Utara 01 Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Setiap siklus dilakukan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tindakan dan refleksi. Jumlah peserta didik di kelas penelitian yaitu 30 peserta didik yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes unjuk kerja dan observasi. Indikator keberhasilan yang diukur dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam membaca pemahaman. Penelitian ini dinyatakan berhasil apabila 80% dari jumlah siswa mencapai nilai ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal kelas IV meningkat dari siklus I hingga siklus II. Presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 63% dengan nilai rata-rata 71. Pada siklus II ketuntasan klasikal meningkat menjadi 87% dengan nilai rata-rata 80, maka peningkatan persentase dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 24%. Dengan penggunaan metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) guru menjadi lebih kreatif dalam penggunaan metode di dalam pembelajaran dan siswa menjadi lebih tertarik dalam hal membaca sehingga kemampuan membaca pemahaman siswa dapat meningkat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada kelas IV SDN Rawa Badak Utara 01
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Metode SQ4R (Survey, Question, Read, Reflect, Recite, Review), Kemampuan Membaca Pemahaman, PTK | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | mr LI AWAL TABA | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 09:38 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 09:38 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5740 |
Actions (login required)
View Item |