Amelia, Annisa Cahya (2024) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA KELAS IV SDN SETIAMEKAR 03 KABUPATEN BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.
Text
01.PENDAHULUAN.pdf Download (839kB) |
|
Text
02.BAB I.pdf Download (103kB) |
|
Text
03.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text
04.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) | Request a copy |
|
Text
05.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) | Request a copy |
|
Text
06.BAB V.pdf Download (15kB) |
|
Text
07.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya masalah tentang rendahnya pemahaman konsep dalam mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Setiamekar 03. Adapun permasalahan yaitu; 1) Siswa kurang mampu menjelaskan kembali materi energi, 2) Siswa masih kesulitan untuk memberikan contoh mengenai energi dan perubahannya, 3) Siswa belum mampu mengklasifikasikan materi energi berdasarkan bentuknya, 4) Siswa belum dapat membandingkan perbedaan macam-macam perubahan energi, 5) Siswa kurang mampu dalam menyimpulkan materi energi. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep pada mata pelajaran IPA siswa kelas IV dengan menerapkan metode pembelajaran eksperimen di SDN Setiamekar 03. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dengan subjek berjumlah 23 siswa. Pada siklus I terdiri dari tiga pertemuan dan pada siklus II terdiri dari dua pertemuan. Serta setiap siklusnya meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data ini menggunakan teknik tes tertulis. Adapun kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah 80% dengan nilai KKM mencapai nilai ≥75. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa di setiap siklusnya yaitu pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 60,86% dengan nilai rata-rata 76 dan pada siklus II ketuntasakan klasikal meningkat menjadi 91,30% dengan nilai rata-rata 88. Berdasarkan data tersebut metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran IPA kelas IV SD sebesar 30,44%. Dengan demikian dapat disumpulkan bahwa metode eksperimen dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa kelas IV SDN Setiamekar 03. Kata Kunci: Metode eksperimen, Pemahaman Konsep, Siswa Sekolah Dasar.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Kata Kunci: Metode eksperimen, Pemahaman Konsep, Siswa Sekolah Dasar. | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms annisa cahya amelia | |||||||||
Date Deposited: | 31 Jul 2024 09:22 | |||||||||
Last Modified: | 31 Jul 2024 09:22 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5729 |
Actions (login required)
View Item |