UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS III MELALUI MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL (SAVI) SDN BEKASI JAYA IV KOTA BEKASI

Utami, Amanda Tasya (2024) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP IPA SISWA KELAS III MELALUI MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUAL (SAVI) SDN BEKASI JAYA IV KOTA BEKASI. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (460kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (155kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman siswa yang masih rendah dalam mata pelajaran IPA di kelas III SDN Bekasi Jaya IV. Adapun permasalahannya yaitu: Siswa kesulitan menjelaskan kembali materi yang telah dipelajari, Siswa terlihat ragu dan kurang mampu untuk mengelompokkan objek materi energi dan perubahannya, Siswa belum mampu membedakan energi berdasarkan perubahan energi yang satu dengan yang lainnya, Siswa mengalami kesulitan dalam memberikan contoh, Siswa belum mampu menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa kelas III dengan menerapkan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual (SAVI) di SDN Bekasi Jaya IV Kota Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, setiap siklusnya dilakukan 3 kali pertemuan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Bekasi Jaya IV yang berjumlah 25 siswa, yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 85% dengan KKM yang telah ditentukan yaitu 75. Dari hasil penelitian diperoleh presentase ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 56% dengan nilai rata-rata 71. Pada siklus II presentase ketuntasan klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas III sebesar 32%. Kata Kunci : Pemahaman Konsep IPA, Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual, Ilmu Pengetahuan Alam

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSundari, Kori0404107203
UNSPECIFIEDMujiani, Dwi Safitri0423087904
Keywords / Kata Kunci: Pemahaman Konsep IPA, Model Somatic, Auditory, Visualization, Intellectual, Ilmu Pengetahuan Alam
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms amanda tasya utami
Date Deposited: 31 Jul 2024 08:08
Last Modified: 31 Jul 2024 08:08
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5728

Actions (login required)

View Item View Item