PENERAPAN MODEL SAVI (SOMATIS AUDIOTORI VISUAL DAN INTELECTUAL) PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SEKOLAH DASAR

Lestari, Nur Indah (2022) PENERAPAN MODEL SAVI (SOMATIS AUDIOTORI VISUAL DAN INTELECTUAL) PADA MATA PELAJARAN IPA DALAM PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN NUR INDAH LESTARI.pdf

Download (718kB)
[img] Text
BAB I NUR INDAH LESTARI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
BAB II NUR INDAH LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III NUR INDAH LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV NUR INDAH LESTARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V NUR INDAH LESTARI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA NUR INDAH LESTARI.pdf

Download (389kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan model SAVI pada pemahaman konsep IPA di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan mengkaji 9 jurnal dari tahun 2012-2022. Berdasarkan kriteria inklusi hasil screening yang telah ditetapkan pada 10 tahun terakhir yaitu sebesar 3.960 jurnal. Pada permasalahan pemahaman konsep IPA dapat menggunakan solusi model pembelajaran yaitu model SAVI. Model SAVI banyak digunakan oleh peneliti karena kurangnya pemahaman tentang konsep IPA. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan dan dampak dari model SAVI terhadap pemahaman konsep IPA. Model SAVI juga dapat di jabarkan menggunakan langkah-langkah dari peneliti Shoimin, yaitu (1) Tahap persiapan, yaitu persiapan untuk menumbuhkan minat belajar pada siswa (2) Tahap penyampaian, dapat membantu siswa dalam menyampaikan materi saat proses belajar mengajar (3) Tahap pelatihan, membantu siswa dalam melatih keterampilan yang dimilikinya dan (4) Tahap penyampaian hasil, dapat membantu siswa dalam menerapkan pembelajaran di kelas. Hasil dari beberapa penelitian bahwa model SAVI dapat diterapkan di kelas tinggi dan menggunakan media pembelajaran komik. Demikian dapat disimpulkan bahwa model SAVI ini dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA yang abstrak menjadi konkrit atau nyata, juga dapat menambah ilmu pengetahuan di kehidupan sehari-hari serta dapat melatih kemampuan berpikir siswa dalam memecahkan masalah. Kata kunci: Model SAVI, Pemahaman Konsep IPA

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, YudiUNSPECIFIED
UNSPECIFIEDArrahim, ArrahimUNSPECIFIED
Keywords / Kata Kunci: Model SAVI, Pemahaman Konsep IPA
Subjects: Deskriptif
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Users 16 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2022 02:47
Last Modified: 15 Aug 2022 02:47
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item