METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Kadir, Febby Laily Cahyaninig (2024) METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
1. PENDAHULUAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
4. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
5. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
6. Bab 5.pdf

Download (193kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (683kB)

Abstract

ABSTRAK Pemasalahan yang terjadi adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa sekolah dasar, hal ini disebabkan oleh karena semangat siswa yang kurang, dan variasi belajar yang monoton. Siswa hanya berpusat kepada guru. Pnelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar matematika di sekolah dasar. Metode analisis yang digunakan yaitu Syistematic Literature Review (SLR) atau tinjauan Pustaka sistematis yaitu penelitian untuk melakukan identifikasi, evaluasi, dan intrepretasi terhadap semua hasil penelitan yang relevan terkait pernyataan penelitian tertentu, topik tertentu atau fakta yang menjadi perhatian. Analisis menggunakan 15 jurnal artikel yang berkaitan dengan metode pembelajaran Mind Mapping dan hasil belajar matematika sesuai dengan inklusi penelitian. Yaitu terindeks data base google scolar, jurnal dipublikasikan pada tahun 2018-2022 (terindeks 5 tahun terakhir), subjek pencarian sesuai dengan topik pembahasan peneliti, pelajaran matematika, dan siswa sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis metode pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Terutama pada kelas tinggi karena siswa kelas tinngi lebih bisa untuk berfikir kritis dan kreatif dalam mengembangkan topik yang akan diambil. Sehingga model pembelajaran ini dapat diterapkan pada topik pembelajaran yang lebih bervariasi contohnya bangun datar, bangun ruang, dan garis bilangan. Dengan demikian metode pembelajaaran Mind Mapping mempunyai pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Matematika, Kata kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar. ABSTRACT The problem that occurs is the low mathematics learning outcomes of elementary school students, this is caused by students' lack of enthusiasm and monotonous learning variations. Students only focus on the teacher. This research aims to find out how the use of the Mind Mapping method can improve mathematics learning outcomes in elementary schools. The analytical method used is Systematic Literature Review (SLR) or systematic literature review, namely research to identify, evaluate and interpret all relevant research results related to certain research statements, certain topics or facts of concern. The analysis used 15 journal articles related to the Mind Mapping learning method and mathematics learning outcomes in accordance with research inclusion. Namely indexed by the Google Scholar data base, journals published in 2018-2022 (indexed for the last 5 years), search subjects according to the topic discussed by researchers, mathematics lessons, and elementary school students. Based on the results of the analysis of the Mind Mapping learning method, it can improve elementary school students' mathematics learning outcomes. Especially in high classes because high class students are more able to think critically and creatively in developing the topics they will take. So this learning model can be applied to a more varied learning topic, for example plane shapes, space shapes, and number lines. Thus, the Mind Mapping learning method has an influence in improving elementary school students' learning outcomes in Mathematics, Keywords: Mind Mapping, Learning Outcomes, Mathematics, Elementary School.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDArrahim, Arrahim0419038901
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Kata kunci : Mind Mapping, Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms Febby Laily CK
Date Deposited: 10 May 2024 09:15
Last Modified: 10 May 2024 09:15
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5295

Actions (login required)

View Item View Item