Rifdah, Fathia (2024) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS 2 MELALUI PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SATUAN WAKTU DI SDN SUKAMANTRI 01. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45.
Text
PENDAHULUAN (2).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (171kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (240kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Download (138kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematis siswa yang disebabkan karena proses pembelajaran yang belum mengoptimalkan penggunaan model pembelajaran untuk mendukung siswa untuk memahami materi pembelajaran serta belum memberikan kesempatan siswa dalam berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi satuan waktu. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Sukamantri 01 sebanyak 30 siswa terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan nontes. Tes terdiri dari butir soal dan nontes terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk menganalisis hasil observasi setiap siklus dan analisis deskriftif kuantitatif untuk menganalisis hasil penilaian pemahaman konsep matematis akhir siswa setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa kelas II SDN Sukamantri 01. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama tingkat ketuntasan siswa mencapai 70% dan siklus kedua meningkat menjadi 89%.Kriteria ketuntasan dalam penelitian ini adalah 80% sehingga dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan pemahaman konsep matematis pada materi satuan waktu siswa kelas II SDN Sukamantri 01.
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
|||||||||
Keywords / Kata Kunci: | Pemahaman Konsep Matematika, Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) | |||||||||
Subjects: | Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan |
|||||||||
Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | |||||||||
Depositing User: | ms FATHIA RIFDAH | |||||||||
Date Deposited: | 10 May 2024 09:37 | |||||||||
Last Modified: | 10 May 2024 09:37 | |||||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5291 |
Actions (login required)
View Item |