MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Febrianti, Dewi Indah (2024) MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
sampul DEWI INDAH.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendahuluan DEWI INDAH.pdf

Download (164kB)
[img] Text
BAB 2 DEWI INDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 DEWI INDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 DEWI INDAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 DEWI INDAH.pdf

Download (73kB)
[img] Text
Daftar Pustaka DEWI INDAH.pdf

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan Model Pembelajaran CIRC terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Berdasarkan hasil PISA, hasil capaian belajar siswa nasional dan hasil observasi dengan sekolah menunjukkan hasil literasi dan hasil belajar yang rendah. Berdasarkan hasil PISA, capaian hasil belajar nasional dan hasil wawancara disekolah dasar terdapat kesenjangan antara kenyataan dan harapan terhadap kemampuan literasi siswa. Metode penelitian yang dipilih adalah SLR (Systematic Literature Review) terhadap 20 jurnal yang disaring berdasarkan kriteria inklusi, yaitu: terindeks web. Didapatkan dari 20 jurnal terdapat 17 jurnal menggunakan metodologi Penelitian Tindakan Kelas, serta 3 jurnal lain menggunakan metodologi Quasi Eksperimen dengan jenis Non�Equivalent Post Test Only Control Group Design Dari hasil analisis wilayah, didapatkan wilayah terbanyak yang melakukan penelitian menggunakan metode CIRC ini berada di wilayah Jawa Tengah, Sulawesi Utara dan Sulawesi Selatan. Terdapat 2 jurnal yang menggunakan media pembelajaran dalam pelaksanaannya yaitu media cerita bergambar dan buku cerita bergambar. Didapatkan hasil bahwa penerapan model CIRC menggunakan metodologi PTK mendapatkan rata-rata peningkatan dari 17 jurnal sebanyak 31,96% kemudian dari metodologi quasi eksperimen didapatkan rata-rata hasil belajar CIRC 61,19. Dari hasil analisis ini, direkomendasikan pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan Model CIRC agak lebih efekttif dapat menggunakan media kartu Jack&Jacky. Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDRikmasari, S.S., M.Pd, Rima04-041082-02
UNSPECIFIEDDermawan, M.Pd, Deden Dicky04-201095-01
Keywords / Kata Kunci: Model Pembelajaran CIRC, Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Siswa Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan
Pendidikan Agama Islam
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms DEWI INDAH FEBRIANTI
Date Deposited: 24 Oct 2009 21:00
Last Modified: 24 Oct 2009 21:00
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item