METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR

Amin, Salsa Alayda (2024) METODE SHOW AND TELL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN SALSA ALAYDA AMIN (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I Salsa Alayda Amin.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II Salsa Alayda Amin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III Salsa Alayda Amin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV Salsa Alayda Amin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V Salsa Alayda Amin.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA Salsa Alayda Amin.pdf

Download (146kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa di sekolah dasar yang peneliti temukan di berbagai artikel jurnal. Rendahnya keterampilan berbicara siswa ditandai dengan masih banyaknya siswa yang masih banyak siswa yang hanya diam, pasif, tidak berani untuk mengemukakan pendapat, tidak percaya diri saat berbicara sehingga menjadikan cerita yang disampaikan tidak jelas, pelafalan yang kurang jelas, berbicara kurang lancar, kosakata yang masih terbatas, bahasa yang disampaikan masih bercampur dengan bahasa daerah. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode Show and Tell Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode Show and Tell dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis hasil penelitian yang sudah pernah dilakukan yang berkaitan dengan metode Show and Tell untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar. Sampel analisis yang digunakan pada penelitian ini terdapat 13 artikel jurnal yang telah diterbitkan pada rentang waktu 2013-2023, yang ditinjau dari berbagai aspek yakni; 1) berdasarkan metode, 2) berdasarkan kelas, dan 4) berdasarkan media Buku Panggung Boneka (BUPAKA) dan tanpa media. Berdasarkan pada hasil temuan yang telah dianalisis terdapat perbedaan hasil dalam penerapan metode Show and Tell tetapi secara keseluruhan penelitian ini dapat menunjukkan kesimpulan bahwa metode Show and Tell memberikan pengaruh positif serta dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
Keywords / Kata Kunci: Metode Show and Tell, Keterampilan Berbicara, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: ms SALSA ALAYDA AMIN
Date Deposited: 12 Feb 2024 08:49
Last Modified: 12 Feb 2024 08:49
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/4882

Actions (login required)

View Item View Item