PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDIT AN-NADWAH TAMBUN SELATAN

Purbasari, Asti dewi (2023) PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS I SDIT AN-NADWAH TAMBUN SELATAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (949kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah kemampuan membaca permulaan di SDIT An-Nadwah Tambun Selatan yang masih rendah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti mengamati masih ianyak siswa iang kurang faham mengenai segi lafal siswa kurang jelas dalam mengucapkan kata-kata. Siswa masih kesulitan dalam mengeja, dan kemampuan siswa dalam membaca kata serta kalimat sederhana masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menginkatkan kemampuan imembaca permulaan dengan menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siswa kelas I SDIT An-Nadwah Tambun Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya memcangkup tempat kegiatan yaitu perencanaa, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I SDIT An-Nadwah Tambun Selatan yang berjumlah 20 isiswa. Pengumpulan data yang digunakan adalah berupa tes membaca dan observasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila 80% jumlah siswa mencapai KKm yang telah ditetapkan yaitu 80. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal kelas I meningkat dari siklus I sampai siklus II. Kemampuan membaca permulaan siklus I yaitu 55% dengan rata-rata 76, sedangkan pada siklus II imengalami peningkatan menjadi 85% dengan nilai rata-rata 88. Dengan demikian dapat disimpulkan metode Struktural AnalitikiSintetik (SAS) dapat meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa di kelas I SDIT An-Nadwah Tambun Selatan. Kata Kunci : Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Keterampilan Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDBudianti, Yudi0424017102
UNSPECIFIEDNajwan, Mohammad Rasis0405129105
Keywords / Kata Kunci: Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Keterampilan Membaca Permulaan, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Asti Dewi Purbasari
Date Deposited: 12 Jul 2023 09:04
Last Modified: 12 Jul 2023 09:04
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2978

Actions (login required)

View Item View Item