PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

Azzahra, Aden Zulfi (2023) PENERAPAN QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM "45" BEKASI.

[img] Text
PENDAHULUAN(32).pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I(12).pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II(9).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III(8).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV(10).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V(10).pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA(19).pdf

Download (126kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA. Hal tersebut dikarenakan kurangnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi belajar yang menyebabkan hasil belajar siswa menurun. Kondisi seperti ini perlu mendapatkan perhatian. Maka dari itu model pembelajaran Quantum Learning bisa menjadi solusi alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Model pembelajaran Quantum Learning melibatkan interaksi yang kuat antara guru dan siswa, sehingga dapat meningkatkan daya tarik siswa terhadap proses belajar membuat pemahaman siswa terhadap materi dapat berkembang. Tentu hal tersebut dapat membangkitkan hasil belajar siswa menjadi lebih optimal. Penelitian ini juga bertujuan untuk meninjau bagaimana gambaran penerapan model pembelajaran Quantum Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu Systematic Literature Review (SLR) yang merujuk pada 13 artikel jurnal yang sesuai dengan kriteria inklusi yaitu: terindeks database google schoolar, dipublikasikan dalam jangka waktu 10 tahun terakhir (2012-2022), dan pembahasan pada artikel jurnal mengenai penerapan model Quantum Learning terhadap hasil belajar IPA yang bersubjek pada siswa sekolah dasar. Dari setiap artikel jurnal yang telah dianalisis, ditemukan beragam aspek yang sudah ditelaah oleh penulis. Aspek tersebut mencakup wilayah penelitian, tahun terbit penelitian, metode penelitian yang digunakan, langkah-langkah penerapan, materi pembelajaran, penerapan model berbantuan media dan tidak berbantuan media. Namun secara keseluruhan penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa model Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDSugiharti, Rini Endah0411097804
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
Keywords / Kata Kunci: Model Quantum Learning, Hasil Belajar IPA, Sekolah Dasar.
Subjects: Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Mr. Aden Zulfi
Date Deposited: 22 Feb 2023 06:53
Last Modified: 22 Feb 2023 06:53
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2386

Actions (login required)

View Item View Item