HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DI SEKOLAH DASAR

DARI, HANA WULAN (2023) HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY, INTELLECTUALLY, REPETITION (AIR) DI SEKOLAH DASAR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam 45 Bekasi.

[img] Text
01. Pendahuluan.pdf

Download (569kB)
[img] Text
02. BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
03. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar mata pelajaran matematika sekolah dasar di berbagai wilayah Indonesia yang peneliti temukan dari berbagai artikel jurnal. Rendahnya hasil belajar matematika ditandai dengan masih banyaknya siswa yang belum mencapai KKM yang ditentukan. Penyebab permasalahan tersebut adalah pembelajaran yang belum sepenuhnya mengaktifkan aktivitas belajar siswa dan metode yang digunakan guru masih satu arah, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar yang mereka dapatkan. Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan di atas yaitu dengan menerapkan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) karena model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) dapat membuat siswa lebih aktif dalam pembelajaran, membuat siswa lebih berani mengungkapkan pendapat, membuat siswa lebih mandiri dalam menyelesaikan masalah, memudahkan siswa dalam mengingat materi melalui kegiatan pengulangan yang akhirnya juga membantu siswa dalam mencapai hasil belajar secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Metode yang digunakan yaitu peninjuauan sistematis atau Systematic Literature Review (SLR) dengan menganalisis hasil penelitian terdahulu yang berkaitan dengan penggunaan model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar. Sampel analisis pada penelitian ini adalah 12 artikel jurnal yang telah diterbitkan pada rentang tahun 2014-2022 yang dikaji melalui berbagai aspek yaitu: 1) metode penelitian, 2) penerapan model AIR di kelas atas, 3) penerapan dengan menggunakan media, 4) dan berdasarkan indikator hasil belajar yang dicapai. Berdasarkan hasil temuan analisis terhadap ke-12 artikel terdapat perbedaan hasil, namun secara keseluruhan menunjukkan kesimpulan bahwa model pembelajaran Auditory, Intellectually, Repetition (AIR) memberikan pengaruh positif serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
UNSPECIFIEDNurcholidah Anisa, Ririn0426109202
Keywords / Kata Kunci: Model Auditory, Intellectually, Repetition (AIR), Hasil Belajar, Matematika, Sekolah Dasar
Subjects: Studi Langsung Media dan Industri Kreatif
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Hana Wulan Dari
Date Deposited: 21 Feb 2023 08:42
Last Modified: 28 Feb 2023 07:05
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/2363

Actions (login required)

View Item View Item