EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS

Alhayyu, Dwi Kurnia (2022) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA MATA PELAJARAN IPS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam “45” Bekasi.

[img] Text
Pendahuluan2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text
bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPS. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang kesulitan mengutarakan argumen sehingga ketika mengidentifikasi ciri-ciri dari suatu benda ataupun fakta-fakta dalam materi pelajaran, hanya sedikit siswa yang mengeluarkan ide yang orisinal sebab siswa belum memahami konsep tetapi hanya menghafal konsep itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalalah memberikan gambaran keefektifan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literarture Review (SLR) yang bertujuan untuk mengkaji, menganalisis hingga memberikan gambaran dalam penerapan model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Sumber analisis adalah 17 jurnal ilmiah yang terpublikasi dan diterbitkan ditahun 2016-2021, yang menggunakan kata kunci “[[Model Problem Based Learning]]” DAN “[[Berpikir Kritis]]” DAN “[[Siswa Sekolah Dasar]]” DAN “[[IPS]]”. Berdasarkan hasil analisis 17 artikel jurnal yang telah dikumpulkan, terdapat beberapa aspek yakni: berdasarkan metode penelitian yang digunakan, berdasarkan penerapan model problem based learning pada materi IPS dan berdasarkan indikator keterampilan berpikir kritis. Kemudian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning di sekolah dasar dapat dikatagorikan efektif karena terdapat peningkatan/pengaruh model problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Penulis merekomendasikan penerapan model problem based learning akan lebih baik apabila mrnggunakan media PPT interaktif yang bertujuan agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran, termotivasi dengan media yang menarik serta memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna.

Item Type: Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1))
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi:
ContributionContributors / Dosen PembimbingNIDN
UNSPECIFIEDAmin, Amin0414037001
UNSPECIFIEDAningsih, Aningsih0406018202
Keywords / Kata Kunci: Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis Siswa, IPS, Sekolah Dasar.
Subjects: Organisasi
Penelitian Tindakan Kelas
Faculty: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1
Depositing User: Ms. Dwi Kurni Alhayyu
Date Deposited: 05 Dec 2022 09:58
Last Modified: 05 Dec 2022 09:58
URI: http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item View Item