Ulla, Rahmawati Al (2022) Konsep Sistem Among Ki Hajar Dewantara Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Agama Islam. Sarjana (S1) thesis, Universitas Islam "45" Bekasi.
Text
PENDAHULUAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (291kB) |
|
Text
10. BAB II KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (400kB) | Request a copy |
|
Text
11. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) | Request a copy |
|
Text
12. BAB IV TEMUAN DAN ANALISIS PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) | Request a copy |
|
Text
13. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Download (162kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (225kB) |
|
Text
14. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rahmawati Al Ulla. 41182911180104. Konsep Sistem Among Ki Hajar Dewantara dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Universitas Islam “45” Bekasi. 2022 M/1444 H. (86 Halaman). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pandangan Ki Hajar Dewantara tentang pendidikan terutama mengenai konsep sistem among yang dimana sistem among ini adalah hasil pemikiran dari Ki Hajar Dewantara. Permasalahan yang ada di dunia pendidikan terutama di Indonesia sangat patut diperhatikan karena kurangnya moral serta pemahaman cara mendidik anak agar menjadi pribadi yang baik. Berdasarkan permasalahan diatas, sangat jelas bahwasanya untuk menanganinya sudah pasti berkenaan dengan Pendidikan Agama Islam. Dengan pemikiran Ki Hajar Dewantara maka sistem among saat sekarang ini diharapkan mampu untuk menuntun para pendidik untuk mendidik peserta didik dengan asah, asih dan asuh.. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan (library research) dan fokus mengkaji apakah ada relevansinya sistem among Ki Hajar Dewantara dengan Pendidikan Agama Islam? Adapun teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah konsep sistem Among Ki Hajar Dewantara yaitu Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani. Yang berarti “didepan pemimpin memberi teladan, ditengah siswa bersedia membangun serta menciptakan untuk berswakarsa dan dibelakang yang tua dapat memberikan dorongan dan penguatan”. Dan Relevansi antara sistem Among dengan Pendidikan Agama Islam yaitu adanya nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang meliputi : (1) Ta’dib (2) Tarbiyah dan (3) Ta’lim. Kata Kunci : Ki Hajar Dewantara, Sistem Among, Pendidikan Agama Islam
Item Type: | Thesis (TA, Skripsi, Tesis, Disertasi) (Sarjana (S1)) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
Keywords / Kata Kunci: | Ki Hajar Dewantara, Sistem Among, Pendidikan Agama Islam | ||||||
Subjects: | Pendidikan Agama Islam | ||||||
Faculty: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 | ||||||
Depositing User: | Users 429 not found. | ||||||
Date Deposited: | 31 Aug 2022 07:12 | ||||||
Last Modified: | 31 Aug 2022 07:12 | ||||||
URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/965 |
Actions (login required)
View Item |