Fadillah, Alya Awalia and Sugiharti, Rini Endah (2025) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI RODA BACA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Didaktika, 14 (3). pp. 3889-3910. ISSN 2745-4312 (Unpublished)
|
Text
HC Alya Awalia Fadillah.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
2690 Download (53kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meingkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui pendekatan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Fokus utama penelitian adalah pada empat aspek kemampuan membaca, yaitu, menyebutkan huruf- huruf abjad, membedakan huruf vokal dan konsonan, membaca suku kata, dan membaca kalimat sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa yang diamati kemajuannya selama pelaksanaan pembelajaran. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Siklus I menunjukkan bahwa rata-rata nilai untuk setiap aspek membaca masih tergolong sedang, dengan tingkat ketuntasan hanya mencapai 62,5%. Berdasarkan temuan tersebut, dilakukan perbaikan pada strategi pembelajaran, antara lain penggunaan media pembelajaran yang lebih variatif, penerapan metode fonetik, dan pembelajaran kelompok kecil. Hasil Siklus II menunjukkan peningkatan signifikan pada semua aspek membaca, dengan ketuntasan mencapai 83,33%. Peningkatan ini menandakan bahwa tindakan yang dilakukan terbukti efektif dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca dasar. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif dalam pembelajaran, dan rasa percaya diri saat membaca di depan kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis tindakan kelas dengan pendekatan fonetik dan kontekstual dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar.
| Item Type: | Article | ||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Contributors/Dosen Pembimbing,NIDN Dosen bisa diakses di LINK https://bit.ly/NIDNdosenunismabekasi: |
|
||||||
| Keywords / Kata Kunci: | membaca permulaan, tindakan kelas, kemampuan fonetik | ||||||
| Subjects: | Pendidikan | ||||||
| Faculty: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar S1 | ||||||
| Depositing User: | MS ALYA AWALIA FADILLAH | ||||||
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 09:48 | ||||||
| Last Modified: | 04 Nov 2025 09:48 | ||||||
| URI: | http://repository.unismabekasi.ac.id/id/eprint/8917 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
