Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Roda Baca dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meingkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui pendekatan tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Fokus utama penelitian adalah pada empat aspek kemampuan membaca, yaitu, menyebutkan huruf-huruf abjad, membedakan huruf vokal dan konsonan, membaca suku kata, dan membaca kalimat sederhana. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa yang diamati kemajuannya selama pelaksanaan pembelajaran. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil Siklus I menunjukkan bahwa rata-rata nilai untuk setiap aspek membaca masih tergolong sedang, dengan tingkat ketuntasan hanya mencapai 62,5%. Berdasarkan temuan tersebut, dilakukan perbaikan pada strategi pembelajaran, antara lain penggunaan media pembelajaran yang lebih variatif, penerapan metode fonetik, dan pembelajaran kelompok kecil. Hasil Siklus II menunjukkan peningkatan signifikan pada semua aspek membaca, dengan ketuntasan mencapai 83,33%. Peningkatan ini menandakan bahwa tindakan yang dilakukan terbukti efektif dalam membantu siswa mengembangkan keterampilan membaca dasar. Selain itu, siswa juga menunjukkan peningkatan motivasi belajar, partisipasi aktif dalam pembelajaran, dan rasa percaya diri saat membaca di depan kelas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pembelajaran berbasis tindakan kelas dengan pendekatan fonetik dan kontekstual dapat menjadi solusi efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar.
Metrics
References
Anggia, S. N. M. F. N., & Pratiwi, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Lingkaran Baca pada Keterampilan Membaca Siswa Kelas 1 SD Negeri di Kecamatan Cibalong.
Ardhianto H., F. W. A. U. ̵-S. (2024). PENGGUNAAN MEDIA KONKRET RODA PINTAR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 299–312.
Azizah, I. S. N., Aini, N., & Adawiyah, R. (2022). Peningkatan Membaca Untuk Persiapan Sekolah Dasar Melalui Media Reading Wheel Pada Kelompok B Di Tk Aba 2 Pendil. Al-ATHFAL: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 98–106.
Darniyanti, Y., Budianto, A. A., & Anggrayni, M. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Papan Roda Baca Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 UPT SD Negeri 13 Sitiung. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 16997–17008.
Dewi, K., Musaddat, S., & Dewi, N. K. (2020). Pengaruh Metode Global Berbantuan Media Roda Putar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas Ii Sdn Beber Kecamatan Jonggat Lombok Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Progres Pendidikan, 1(3), 251–262.
Jannah, N., & Ainin, I. K. (2025). The PENGARUH METODE MULTISENSORI VAKT BERBANTUAN MEDIA RODA BACA (ROCA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KESULITAN BELAJAR KELAS 3 di SDN BABATAN I/456. Jurnal Pendidikan Khusus, 20(02).
Junaedah, T., Handayani, A., & Rakhmawati, D. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUIPENERAPAN MEDIA RODA PUTAR KATA. Esensi Pendidikan Inspiratif, 6(3).
Kolioe, T. M., Mbuik, H. B., & Nahak, K. E. N. (2024). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA RODA PUTAR DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II B DI SD INPRES SIKUMANA 2 KOTA KUPANG. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6(4).
Mardiyani, I., & Aulina, C. N. (2024). Peningkatan Kemampuan Membaca Awal Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Roda Baca di KB Permata Sunnah. Journal of Education Research, 5(4), 5576–5588.
Nurlela, M. P. F., & Al Mufti, A. Y. (2023). Pengenalan Media Roda Suku Kata Untuk Membantu Keterampilan Membaca Permulaan Sekolah Dasar. Jurnal Pengajaran Sekolah Dasar, 2(2), 125–132.
Putri, I. Y. L., Amalia, A. R., & Nurasiah, I. (2023). Upaya Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Media Reading Spinner Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 495–500.
Simbolon, R. (2019). Penggunaan roda pintar untuk kemampuan membaca anak. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 2(2), 66–71.
Sugiharti, R. E., Kelas, P. T., & Dasar, S. (n.d.). Peningkatan Penguasaan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar ( Elementary Education. 8–12.
Zuhirotunnisa, Z., Dewi, D. S., & Ramadhani, A. R. (2025). Pengembangan Media Ropuca untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 Sekolah Dasar. BLAZE: Jurnal Bahasa Dan Sastra Dalam Pendidikan Linguistik Dan Pengembangan, 3(2), 74–94.
Copyright (c) 2025 Alya Awalia Fadillah, Rini Endah Sugiharti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Dengan mengirimkan naskah artikel, berarti penulis setuju dengan segala kebijakan yang ditetapkan oleh jurnal dan penerbit.
Penulis menyatakan bahwa:
- kebijakan ini telah diketahui dan disetujui bersama oleh semua penulis;
- naskah artikel belum dipublikasikan secara resmi sebelumnya di media ber-ISSN atau ber-ISBN yang terdaftar, kecuali dalam bentuk abstrak atau sebagai bagian dari materi kuliah, atau skripsi/tesis/disertasi yang tidak diterbitkan;
- naskah tidak sedang dalam proses editorial dan dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain;
- publikasi naskah ini telah disetujui oleh semua penulis, institusi afiliasi penulis, otoritas yang bertanggung jawab, dan lembaga di mana kegiatan telah dilakukan;
- naskah berisi materi yang aman dari pelanggaran hak cipta;
Perjanjian Hak Cipta dan Lisensi
- Penulis memiliki hak cipta dan hak kepemilikan lainnya yang terkait dengan artikel.
- Penulis memiliki hak dan diizinkan untuk menggunakan substansi artikel untuk karya-karya penulis berikutnya, termasuk untuk keperluan bahan/materi kuliah dan buku.
- Penulis menyerahkan hak publikasi pertama kepada jurnal dengan di bawah Lisensi Creative Commons (CC BY 4.0).
Pernyataan Lisensi CC BY 4.0
Anda diperbolehkan:
- Berbagi — menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun;
- Adaptasi — menggubah, mengubah, dan membuat turunan dari materi ini untuk kepentingan apapun, termasuk kepentingan komersial.
Pemberi lisensi tidak dapat mencabut ketentuan di atas sepanjang Anda mematuhi ketentuan lisensi berikut ini.
- Atribusi — Anda harus mencantumkan nama yang sesuai, mencantumkan tautan terhadap lisensi, dan menyatakan bahwa telah ada perubahan yang dilakukan. Anda dapat melakukan hal ini dengan cara yang sesuai, namun tidak mengisyaratkan bahwa pemberi lisensi mendukung Anda atau penggunaan Anda.
- Tidak ada pembatasan tambahan — Anda tidak dapat menggunakan ketentuan hukum atau sarana kontrol teknologi yang secara hukum membatasi orang lain untuk melakukan hal-hal yang diizinkan lisensi ini.
.png)






